Lifestyle

Syarul Efendi Siregar Selalu Berkarya

Syarul Efendi Siregar (25) yang biasa dipanggil (Ucil) adalah seorang musisi dan juga pencipta lagu. Pria asal Siantar ini selalu punya motivasi untuk selalu berkarya.

Adapun jenis musik yang dia ciptakan adalah musik alternatif untuk kota Pematangsiantar. Yang nama bandnya Rumput Liar Grub Band Indie Asal Siantar.

Rumput Liar dipunggawai oleh Ucil Siregar sebagai vokalis, Rahmad pada gitar dan Tony Pranajaya sebagai pengebuk drum.

Sebelumnya mereka telah merilis dua lagu diakun Youtube Rumput Liar yang berjudul Nikmati dan Dunia Mulai Engak Akur pada 2019 tahun lalu.

Ucil anak kedua dari dua bersaudara ini saat di wawancarai media ini 20 Februari 2020 mengatakan kalau dia tidak memiliki tamatan dan hanya tamatan SMP namun dia tidak minder dengan keadaan justru ingin membuktikan kalau tamatan SMP itu bisa sukses dan selalu berkarya.

“Kalau pendidikan saya hanya tamatan SMP. Tapi tidak jadi penghalang buat saya untuk berkarya. Motivasi saya yang selalu ingin berkarya dan sukses itulah yang mendorong saya. Dan omongan miring tentang saya yang menguatkan motivasi saya itu pingin sukses,” ujarnya yang tinggal di Jalan Kapten Tandean, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar.

Pria yang dari kecil memiliki hobi musik ini mengaku kalau mudik tidak lagi menjadi hobi semata akan tetapi sudah menjadi jati dirinya.

Dia juga menambahkan kalau saat ini memang masih tampil di acara-acara dan cafe yang ada di kota Pematangsiantar.

“Memang saat ini kita masih manggung di acara-acara diskusi mata publik dan cafe-cafe yang ada di kota Pematangsiantar. Dan untuk YouTube baru tiga lagu yang di update. Sebenarnya lagu yang sudah saya ciptakan sekitar 9 lagu. Target kita tahun ini buat mini album,” ujarnya sembari mengatakan kalau Tuhan mengizinkan satu album.

Ucil bercerita tentang makna satu lagu yang lagi tenar seperti judul lagu Pembual Kronis, Sarkasme Dalam Lirik Rumput Liar Grub Band Indie Asal Siantar. Single ketiga berjudul “Pembual Kronis”.

Lagu yang mengandung sarkasme ini adalah kisah perjalanan berdirinya Rumput Liar sebagai grub band indie asal Kota Pematangsiantar.

“Single ketiga berjudul Pembual Kronis sendiri baru diunggah pada Minggu 26 Januari 2020. Ucil sang pencipta lagu menceritakan lagu Pembual Kronis menceritakan  kerasnya usaha dalam menitih karir menjadi pemusik. Ada rentetan kalimatnya kritis pedas dan terasa nyeleneh meracau kegelisahan dari pengalaman hidup. Dibanding menulis lagu cinta yang sendu mendayu, Rumput Liar lebih memilih menulis tentang fenomena sosial yang memilukan, atau kritik atas kesewenangan-wenangan,” ujarnya.

“Pembual Kronis adalah catatan dari sepenggal pengalaman perjalanan Rumput Liar. Baik cemohan hingga janji manis yang menghampiri dan kekecewaan itulah  melahirkan sebuah karya,” ungkap Ucil.

Ucil juga bercerita Pembual Kronis sendiri berarti kebohongan yang dilakukan terus menerus dengan menebar janji yang tidak perna dipenuhi.

Pengalaman pahit itu kemudian melahirkan lagu berdurasi 3:35 menit yang dikerjakan bersama rekan rekannya.

“Kadang kita merasa bosan menerima janji palsu dan orang yang mengatakan dan merasa bersalah tak tau malu. Lewat lagu ini kami ingin mengatakan jangan perna tidak menepati janji yang sudah dikatakan agar tidak menjadi pembual kronis,” sebutnya.

Selain tiga lagu yang sudah rampung Rumput Liar juga sedang merampungkan 6 lagu yang masih dalam proses pengerjaan salah satunya lagu untuk kota Pematangsiantar yang dikenal sebagai kota Toleransi.

“Kita rencanakan merampungkan 6 lagu untuk dapat membuat satu album pada tahun ini,” kata Ucil. (Mag 04)

Berikut lirik lagu ‘Liar’;

Aku bosan dengan kamu
Yang selalu bicara itu itu saja.
Aku tertawa mereka berperan
Layaknya perfliman.

Janjinya palsu
Tak tau malu
Ngomong selalu manis
Pembual kronis.

Ngomongin orang
Paling jago
Percuma kau bicara.
Gosip sana, gosip sini
Mereka ah basih.

Janjinya palsu
Tak tau malu
Ngomong selalu manis
Pembual kronis.
Jangan dengar kata mereka 6X.

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker