Lifestyle

Secangkir Jahe, Redakan Mual Hingga Atur Gula Darah

Sebagai salah satu rempah, jahe kaya nutrisi dan antioksidan yang bagus untuk tubuh. Sehingga, selain rasanya yang hangat, jahe dipercaya membantu mengatasi masalah kesehatan.

Dalam laman Pink Villa, Minggu (5/1), disebutkan minum rebusan jahe dengan lemon dan madu bisa menjadi obat flu. Senyawa anti-inflamasi dan antioksidan lainnya yang ditemukan dalam jahe bermanfaat bagi kesehatan termasuk gingerol, beta-karoten, capsaicin, asam caffeic, curcumin dan salicylate.

Cara menyimpannya mudah. Simpan jahe segar dalam kantong plastik yang dibungkus rapat di dalam kulkas atau freezer, dan kupas atau parut sebelum digunakan. Tambahkan ke dalam hidangan apa pun yang cocok untuk menambah rasa.

Untuk dosisnya, seperdelapan sendok teh jahe bubuk juga dapat digantikan dengan satu sendok makan jahe parut segar. Jahe bubuk dapat ditemukan di sejumlah pasar tradisional atau modern. Sejumlah manfaat jahe di antaranya,

1. Redakan Mual
Jahe dikenal untuk mengobati mual. Ini adalah salah satu solusi alami terbaik untuk menyembuhkan mual di pagi hari atau mabuk laut dan mual tanpa obat-obatan. Secangkir air jahe hangat dapat mencegah mual.

2. Redakan Nyeri Otot
Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi nyeri otot dan nyeri otot. Jahe dapat membantu memanaskan otot dan mengurangi rasa sakit dan nyeri serta peradangan.

3. Atur Kadar Gula Darah
Jahe dikenal memiliki sifat anti-diabetes dan membantu mengatur kadar gula darah. Dan juga mengurangi risiko diabetes. Sehingga pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Sehatkan Pencernaan
Jahe dikenal untuk membantu perut dalam proses pencernaan dan membantu mencegah gangguan pencernaan dan menenangkan perut. Cukup secangkir teh jahe hangat untuk menyembuhkan sakit perut dan membantu sistem pencernaan.

5. Kurangi Nyeri Haid
Jahe juga membantu mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Nyeri menstruasi adalah masalah yang sangat umum dialami perempuan. Dan jahe diketahui memiliki dampak yang menenangkan dan mengurangi rasa sakit secara alami tanpa obat.

6. Atasi Flu
Jahe juga membantu mengobati masalah seperti batuk dan pilek dan flu. Jahe membunuh bakteri dan melawan kuman dan membantu mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

7. Anti-Kanker
Dalam laman Global Village Space disebutkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research melaporkan bahwa jahe mengurangi risiko kanker kolorektal yang berkembang di usus 20 relawan. Jahe juga telah ditemukan cukup manjur dan aman untuk mengobati peradangan yang terkait dengan osteoartritis (penyakit sendi).

8. Anti-Kolesterol
Kegunaan lain bisa mengurangi kolesterol, menurunkan risiko pembekuan darah, dan membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Diperlukan lebih banyak penelitian, jahe bisa menjadi bagian dari pengobatan penyakit jantung dan diabetes. (jp)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close