Lifestyle

Rutin Makan Buah Naga, Cara Mudah Kendalikan Gula Darah

Penderita diabetes harus disiplin dalam mengatur kadar gula darah. Salah satunya dengan mengendalikan jumlah dan jenis pola makan. Bisa dicoba dengan beberapa makanan yang bisa mengatur kadar gula darah.

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi yang menyebabkan tubuh berhenti bereaksi terhadap insulin. Insulin adalah hormon yang dibuat tubuh untuk mengendalikan jumlah glukosa yang mengalir dalam darah. Dan, ketika tubuh tidak merespons insulin dengan baik, kadar glukosa darah bisa menjadi terlalu tinggi. Kondisi ini menyebabkan komplikasi termasuk gagal ginjal, kerusakan saraf, kerusakan penglihatan, penyakit jantung, dan stroke.

Buah naga bisa menjadi cara alami untuk mengendalikan gula darah. Buah naga memiliki rasa yang manis dan bentuk yang khas. Buah naga memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Sebuah analisis yang diterbitkan dalam jurnal Plos One melihat efek dari mengonsumsi buah naga pada kontrol glukosa darah pada orang dengan prediabetes dan mereka yang menderita diabetes tipe 2. Menurut makalah itu, penelitian sebelumnya yang melibatkan hewan telah menunjukkan hubungan potensial antara buah naga dan kontrol diabetes yang lebih baik.

Manfaat ini diyakini telah terjadi karena buah naga mendorong pertumbuhan sel pankreas yang memproduksi insulin. Analisis tersebut kemudian memeriksa sejumlah uji klinis yang membandingkan efek buah naga dengan plasebo pada orang dengan diabetes tipe 2 atau prediabetes.

Disimpulkan bahwa efek buah naga terhadap glukosa plasma puasa pada orang dengan pra diabetes adalah signifikan. Ditemukan juga semakin banyak buah naga yang dimakan seseorang, semakin besar manfaat kontrol gula darah yang bisa mereka terima.

Kadar gula dalam buah utuh masih dinilai cukup baik dibandingkan gula biasa. Menurut Diabetes UK, gula putih yang wajib dibatasi.

“Buah berbeda dengan gula dalam minuman, cokelat, kue, dan biskuit, serta jus buah dan madu. Jumlah karbohidrat yang dimakan memiliki efek terbesar pada kadar glukosa darah,” kata laman Diabetes UK.

Sebagian buah, seperti apel ukuran medium, umumnya mengandung sekitar 15 hingga 20 g karbohidrat, muffin cokelat mengandung 55 g karbohidrat dan 500 ml minuman bersoda biasa mengandung 54 g karbohidrat.

“Lebih baik mengurangi asupan cokelat, minuman manis, kue, dan makanan ringan lainnya daripada buah utuh,” lanjut penjelasan artikel tersebut.

Selain mengonsumsi makanan sehat, seseorang juga harus aktif berolahraga. Latihan fisik minimal 2,5 jam seminggu membantu menurunkan kadar gula darah. (dc/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button