Lifestyle

Riduan Manik Sukses Berkat Dukungan Istri

FaseBerita.ID – Riduan Manik pria berdarah Batak ini ternyata tidak pernah berharap dimotivasi oleh orang lain dalam mencapai kesuksesan.

Kelahiran pria tahun 1959 ini merupakan anak bungsu dari delapan bersaudara. Ia memulai jenjang pendidikannya disalahkansatu Fakultas Hukum ternama di Kota Bandung.

Tentunya bukanlah hal yang sangat mudah baginya, dimana ia rela meninggalkan kampung halamannya demi menggapai cita-cita. Saat ia memulai jenjang pendidikan di kota yang tak pernah dikenalnya itu, tentu sangatlah sulit.

Disana ia berjumpa dengan orang-orang baru, yang berbeda ras, suku, agama maupun latar belakang keluarga. Disana ia bertemu dengan anak-anak orang-orang berkecukupan.

Namun hal itu tidak membuat warga Pane Tongah ini mundur dan menjadi pecundang. Tetapi ia tetap maju dan berprinsip “Jangan lihat saya sekarang, tetapi lihat lah saya lima tahun kemudian”.

Mendapatkan gelar sarjana bukan lah waktu yang singkat. Ia harus melalui tahun demi tahun, tentunya ia mengalami banyak rintangan.

“Saya dulu pernah tidak dapat uang kiriman dari kampung. Dan, itu bukan karena orang tua saya tidak mau. Tetapi karena orang tua saya sudah tak mampu lagi dan sudah tua. Jadi terpaksa saya tidak ikut ujian seperti yang lainnya. Tetapi begitu saya ada uang, saya langsung ngebut dan setara dengan yang lain,” ungkap Ridwan Manik.

Adapun jenjang Pendidikan yang ditempuh oleh Riduan Manik, ia mengambil gelar S1 di salah satu universitas ternama di kota Bandung, S2 di universitas Gajah Mada Semarang, dan saat ini Riduan Manik akan segera merebut gelar S3 di Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Berbicara tentang jejak karirnya, pertama kali Riduan Manik memulai jenjang karirnya pada tahun 1999 dimana ia menjabat sebagai Sekretaris Umum BPD II Kabupaten Simalungun.

Seterusnya pada tahun 2003 ia melamar sebagai anggota KPU Simalungun tepatnya Juni 2003 Riduan Manik diumumkan sebagai anggota KPU. Seterusnya pada bulan Agustus 2003 Riduan Manik kembali dinobatkan menjadi ketua KPU Kabupaten Simalungun periode 2003-2008.

Riduan Manik kembali sebagai tenaga pengajar di Universitas Simalungun, dan hingga saat ini Riduan Manik telah terpilih menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Simalungun. Bicara tentang targetnya di usianya yang sudah menempuh 60 tahun, Riduan Manik berprinsip untuk membangun Universitas Simalungun kearah yang lebih baik.

“Kita harus mengembalikan marwah kampus ini,” ucapnya.

Bicara tentang keluarga, Riduan Manik punya satu istri dan tiga orang anak. Baginya keluarga juga sangat lah penting. Ia pun memperoleh karirnya dikarenakan dukungan penuh dari seorang istri tercinta. (Mag-03)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close