Lifestyle

Rasakan Manfaat Campuran Bawang Putih, Madu dan Lemon

Bawang putih adalah bumbu dapur primadona di hampir setiap resep masakan. Selain bisa menambah rasa sedap pada masakan, bawang putih juga sudah lama dipercaya sebagai obat. Membuat minuman dari racikan bawang putih tentu bisa jadi pilihan untuk hidup sehat, apalagi jika dicampur madu dan lemon.

Meminum rebusan bawang putih, lemon, dan madu secara rutin bisa menjadi obat gejala flu, seperti hidung tersumbat dan batuk. Dilansir dari Very Well Fit, pakar kesehatan dan spesialis gizi kebugaran dari Amerika Serikat Malia Frey mengatakan, bawang putih (Allium sativum) lemon dan madu juga cocok dicampur dengan bawang putih karena bisa menutupi aroma bawang putih yang tidak disukai semua orang.

Cara membuatnya, siapkan 3-4 siung bawang putih, 1/2 cangkir air lemon, 1/2 cangkir kecil madu. Isi panci dengan tiga gelas air, lalu tambahkan bawang putih yang sudah dikupas dan potong dua. Angkat dan tambahkan jus lemon dan madu.

Lalu, apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan Daya Tahan dan Imunitas Tubuh
Rebusan bawang putih bisa meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh. Bawang putih adalah sumber senyawa organosulfur yang baik, termasuk alliinase, yang dilepaskan ketika bawang putih dihancurkan atau dicincang. Senyawa organosulfur dianggap memberikan manfaat kesehatan.

2. Obat Hipertensi
Studi laboratorium menunjukkan bahwa bawang putih mentah dapat membunuh bakteri, mengurangi kadar lemak darah, memperlambat pembekuan darah, dan berpotensi menurunkan tekanan darah.

3. Anti-Kanker
Bawang putih bisa mencegah dan mengobati penurunan berat badan akibat kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih mungkin dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengurangi pertumbuhan tumor pada beberapa kanker. Tetapi penelitian ini masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Kendati demikian, mengonsumsi bawang putih bukannya tidak memiliki efek samping. Menurut National Institutes of Health (NIH), bawang putih hanya aman bagi kebanyakan orang dalam jumlah tertentu. Efek samping yang umum dari mengonsumsi bawang putih terlalu banyak di antaranya bau mulut, bau badan, mulas, dan sakit perut.

NIH juga menuturkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan risiko pendarahan. Jika pasien penyakit tertentu sedang minum obat pengencer darah, maka diskusikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi rebusan ini. (jp)

iklan usi