Lifestyle

Racik Kunyit dan Lada Hitam untuk Minuman Peningkat Imunitas

Agar imunitas tubuh tetap terjaga, mengonsumsi racikan kunyit dan lada hitam secara rutin bisa jadi solusi. Cara membuatnya juga mudah lho!

Tubuh yang sehat dan tetap terjaga imunitasnya sangat penting selama pandemi COVID-19. Maka dari itu mengonsumsi sayuran, buah, dan makanan sehat lainnya sangat dianjurkan.

Dilansir dari Indian Express (22/5), ada beberapa rempah yang dapat diandalkan untuk tingkatkan imunitas tubuh. Sebut saja kunyit dan lada hitam. Kedua rempah ini bisa diracik jadi minuman sehat.

Kunyit sendiri sudah diketahui memiliki beragam manfaat yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Kunyit kaya kandungan zat curcumin yang berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Dr Patil mengakatan kalau kunyit baik untuk kesehatan usus dan pencernaan. Kunyit juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini.

Lalu untuk lada hitam yang rasanya pedas ini juga tinggi antioksidan. Di dalamnya terkandung zat anti-inflamasi yang dapat berperan menyembuhkan peradangan. Lada hitam juga dapat digunakan untuk mengontrol gula darah dan menurunkan kolesterol.

Untuk meraciknya sebagai minuman yang menyehatkan, Anda membutuhkan beberapa campuran bahan makanan lainnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 1/2 sdt bubuk lada hitam
– 1 sdt bubuk kunyit
– 1 sdt cuka apel atau air perasan lemon
– Air hangat

Cara membuatnya:
1. Masukkan bubuk kunyit dan lada hitam ke dalam cangkir lalu tuangkan air hangat. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
2. Setelah itu tambahkan cuka apel atau air perasan lemon lalu adik kembali hingga tercampur rata.
3. Racikan minuman kunyit dan lada hitam pun bisa langsung dinikmati.

Sebaiknya racikan minuman kunyit dan lada hitam tersebut dikonsumsi pagi hari. Rasanya mungkin tidak terlalu enak namun manfaatnya sangat baik untuk tubuh. (dc/int)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker