Lifestyle

Perubahan yang Lebih Baik

FaseBerita.ID – Baru saja saya menyelesaikan beberapa episode drama Korea berjudul Sky Castle yang bercerita mengenai orang tua yang memiliki obsesi akan kesuksesan anaknya dalam bidang akademik.

Demi kesuksesan anaknya mereka menghalalkan segala cara. Bagi saya itu sangat mengerikan, karena mereka seolah lupa bahwa kesuksesan dunia tidak akan ada artinya tanpa perilaku yang baik.

Dalam sebuah scene terdapat dialog, “Untuk apa aku pedulikan anak lain?” Pernyataan ibu tersebut tidak sejalan dengan pemahaman saya. Terlahir sebagai perempuan di lingkungan pendidikan dan kini menjalani peran sebagai ibu dari tiga orang anak sekaligus sebagai guru PAUD selama 9 tahun terkahir, menjadikan saya orang yang tidak bisa cuek melihat perkembangan anak-anak di lingkungan sekitar.

Dari tahun ke tahun tampak perubahan karakter anak-anak yang semakin cuek dan kurang beradab. Gadget menjadi kambing hitam atas perilaku anak-anak yang menyimpang. Melalui benda yang menjadi teman setia itu, anak belajar kata pertamanya, mengenal perilaku memukul, menyerang, mengolok, dan meniru segala tingkah laku yang ditunjukkan tokoh idolanya.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3Laman berikutnya
Back to top button