Lifestyle

Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Buah Enak Ini

Buah-buahan segar tergolong asupan yang dianjurkan bagi tiap orang. Tetapi bagi penderita diabetes harus berhati-hati karena bisa memicu kenaikan gula darah.

Asupan gizi seimbang sangat dianjurkan oleh para ahli gizi dunia. Berupa asupan karbohidrat, lemak, protein hingga serat dan sejumlah vitamin dan mineral. Asupan ini untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan imunitas terjaga.

Berbeda dengan penderita diabetes. Mereka harus menjaga asupan kalori, terutama karbohidrat. Asupan ini juga bisa berasal dari beragam buah segar. Meskipun secara umum buah segar dianjurkan dikonsumsi setiap hari, ada baiknya penderita diabetes membatasi atau menghindari makan buah-buahan tertentu.

Dikutip dari situs boldsky dan dari berbagai sumber, ini daftar buah segar yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Mangga
Beragam jenis mangga punya rasa manis atau manis asam yang enak. Buah bertekstur empuk ini enak dimakan sebagai buah potong, cmapuran jus atau smoothies. Tetapi buah ini kurang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Setiap 100 gram buah mangga mengandung 14 gram gula yang dapat menaikkan kadar gula darah. Meskipun menyandang predikat Raja Buah karena enak rasanya, konsumsi mangga ini secara teratur justru bisa memicu kenaikan gula darah pada penderita diabetes.

2. Sawo
Buah berwarna cokelat ini punya nama keren, sapodilla. Kulitnya empuk, teksturnya berserat halus dan rasanya amat sangat manis. Paling enak dimakan saat dingin.

Setiap 100 gram buah sawo mengadung 7 gram gula dan punya indeks glikemik 55. Buah ini tinggi gula dan karbohidrat. Meskipun rasanya enak buah ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Srikaya
Tak banyak orang suka buah yang manis sekali rasanya dan teksturnya lembut. Ini karena bijinya yang sangat mengganggu saat dimakan. Tetapi buat yang suka buah manis, srikaya sangat enak. Apalagi buah ini melambangkan kekayaan.

Meskipun kaya akan vitamin C, kalsium, zat besi dan serat, buah srikaya tidak cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dalam 100 g buah srikaya mengandung 23 gram karbohidrat. Karenanya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pendelita diabetes.

4. Semangka
Buah berwarna merah dan kuning ini kaya akan air dan rasanya manis. sangat cocok dikonsumsi saat udara panas karena bisa menghidrasi tubuh. Meski demikian buah yang manis ini kurang cocok untuk penderita diabetes.

Semangakan memiliki indkes glikemik 72 dan setengah cangkir saja sudah mengandung 5 gram karbohidrat. Meski demikian jika ingin dikonsumsi, penderita diabetes bisa mengonsumsi dalam porsi kecil saja.

5. Nanas
Nanas dikenal sebagai buah kaya nutrisi. Selain serat, nanas juga kaya akan vitamin Ca dan air. Sayangnya buah yang manis segar ini tak boleh dikonsumsi berlebihan bagi penderita diabetes. Karena bisa memicu kenaikan gula darah.

Dalam 100 garam buah nanas mengandung 48 kalori, 12.63 g karbohidrat, 9.25 gram gula dan 1.4 garam serat. Agar tetap mendapatkan manfaat nutrisinya bisa dikonsumsi beberapa potong saja per sajian. Lebih baik dikonsumsi segar tanpa tambahan gula.

6. Pepaya
Buah tropis ini punya daging buah yang bertekstur lunak, manis dan harganya sangat terjangkau. Biasa dinikmati sebagai campuran jus, smoothies dan buah potong.

Sayangnya buah ini mempunyai indeks glikemik 59 dan tinggi karbohidrat dan kalori. Setiap 100 gram buah pepaya mengandung 39 kalori dan 9.81 gram karbohidrat serta 5.9 gram Jika tetap akan dikonsumsi sebaiknya penderita diabetes membatasi hanya beberapa potong saja.

7. Anggur
Buah anggur ada beragam jenis. Ada anggur hitam, merah, hijau dan ada yang tanpa biji dan ada yang berbiji. Rasanya renyah manis dan berair. Buah anggur juga mengandung serat, vitain dan nutrisi penting lainnya.

Sebaiknya penderita diabetes menghindari konsumsi buah yang segar, manis dan renyah ini. Karena setiap 85 gram buah anggur ini mengandung karbohidrat 15 gram. (dc/int)

USI