Lifestyle

Pandapotan Simangunsong: Tetaplah Sehat agar Tetap Nikmat Makan

FaseBerita.ID – Bagi Pandapotan Simangunsong, nikmat hidup adalah makan. Bagaimana agar tetap bisa makan dengan nikmat, maka tubuh harus sehat. Dan, supaya kesehatan tubuh terjaga, olahraga menjadi gaya hidupnya. Hal itu pula yang ingin ditularkannya kepada orang-orang.

“Kalau kita pergi ke suatu tempat, pastilah yang kita cari makanan khasnya,” kata pria berusia 37 tahun ini.

Karena bebas menikmati makanan, lanjutnya, maka diharapkan orang-orang tidak alergi ketika diajak berolahraga.

“Jadi olahraga bukan momok menakutkan. Kalau porsi makannya besar, ya porsi olahraganya juga lebih banyak. Jadi balance,” terang pemilik Citra Fitness, Gym yang berlokasi di Jalan Pdt J Wismar Saragih Pematangsiantar.

Pandapotan sendiri dulunya sangat jauh dari pola hidup sehat. Sebagai supir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), saat itu dalam sehari ia bisa menghabiskan lima bungkus rokok.

“Waktu itu badan saya seperti orang busung lapar. Kurus, tapi perut besar,” tukasnya.

Bahkan, kala itu beberapa penyakit mulai menjangkiti tubuhnya. Hingga kemudian ada seorang temannya mulai mengajaknya untuk olahraga gym.

Dengan semangat ingin sehat, Pandapotan mengikuti ajakan temannya. Mulailah suami dari N Sinulingga ini rutin berolahraga.

Gym atau fitness, menurut ayah empat anak ini, adalah olahraga individu. Bisa dilakukan sendiri, dan kapan saja.

“Ya, kalau ada teman tentunya lebih bersemangat. Tapi saat sendiri pun, bisa dilakukan. Waktunya bisa disesuaikan,” jelasnya.

Setelah rutin berolahraga, Pandapotan mulai merasakan hasilnya. Tubuhnya menjadi lebih sehat dan penyakit yang menderanya pun hilang. Setelah merasakan sehat, Pandapotan merasa jika pola hidupnya kembali tidak sehat, maka semua akan sia-sia.

“Setelah sehat, saya mulai perhitungan dalam cara hidup. Rokok pun bisa saya tinggalkan,” katanya.

Pandapotan pun fokus di bidang gym. Dari awalnya hanya karena ingin sehat, menjadi hobi, dan kemudian menjadi profesi. Ya, setelah melalui sejumlah proses, Pandapotan menjadi trainer (pelatih) gym. Selanjutnya, ia membuka tempat latihan untuk gym dan fitness.

“Inilah hobi yang bisa mendatangkan benefit dan profit bagi saya,” sebut pria berpostur atletis ini.

Tempat latihan yang namanya diambil dari nama putri bungsunya itu, yakni Citra, dibuka Juni 2016. Bersama istri tercinta, ia mengelola tempat tersebut.

“Kalau ada yang mau latihan, saya selalu tekankan dengan gym atau fitness, sehat menjadi tujuan utama. Sedangkan pembentukan postur tubuh, itu bonusnya,” papar ayah tiga putra dan seorang putri ini.

Sehingga, jika ada yang langsung ingin memiliki tubuh dengan otot besar, Pandapotan biasanya langsung memberikan pengertian dan masukan.

Sehat, katanya, adalah hal yang murah. Dengan rutin berolahraga dan asupan nutrisi, bisa sehat. Namun, sehat bisa menjadi sesuatu yang mahal ketika sudah jatuh sakit.

“Semua kita ingin sehat. Saya ingin mengubah mindset yang menyebutkan nggak apa-apa mati atau meninggal karena makan. Tapi, tetaplah sehat agar tetap bisa menikmati makanan,” tukasnya. (awa)