Lifestyle

Minuman Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Makan Enak Lebaran

Hidangan lebaran memang sulit ditolak, beragam olahan daging yang lezat kadang bikin kalap. Normalkan kadar kolesterol dengan berbagai minuman enak.

Rendang, semur daging, opor, sambal goreng ati dan beragam menu lebaran lainnya memang sulit ditolak. Tapi kalau kalap menyantapnya, bisa jadi kolesterol akan melonjak tak terkendali.

Jangan sampai kolesterol menjadi masalah di hari raya. Usai menyantap makanan berlemak, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah bukan hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol. Terdapat juga minuman penurun kolesterol yang secara medis terbukti dapat menormalkan kembali kadar kolesterol dalam darah Anda

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa minuman alami yang enak jadi obat penurun kolesterol.

1. Teh
Berbagai jenis teh baik berupa teh hitam, teh hijau, teh putih, hingga teh oolong telah dikenal lama sebagai minuman penurun kolesterol. Kandungan antioksidan pada teh mampu membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal.

Bukan hanya teh tradisional yang memiliki fungsi menurunkan kolesterol darah, teh herbal atau tisane seperti teh jahe dan teh peppermint juga memiliki efek yang sama.

Meski demikian, efek teh sebagai minuman penurun kolesterol tidak bisa dirasakan langsung saat itu juga. Anda harus rutin mengonsumsi teh agar kadar kolesterol mudah dinormalkan kembali.

2. Yoghurt
Minuman fermentasi bernama yoghurt dikenal memiliki banyak manfaat. Yang paling terkenal adalah manfaatnya dalam menurunkan berat badan dan menjaga sistem pencernaan. Selain itu minuman satu ini juga diklaim bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Yoghurt bekerja mengikat kolesterol pada usus sehingga bisa keluar bersama kotoran. Dalam yoghurt terkandung zat yang bisa membuat metabolisme tubuh jadi jauh lebih baik.

Minuman satu ini bisa menaikkan tingkat HDL yang merupakan kolesterol baik dalam tubuh. Konsumsilah yoghurt dua kali sehari untuk menurunkan kolesterol tubuh. Yoghurt yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar kolesterol yakni yoghurt plain.

3. Jus berry
Buah jenis beri-berian seperti blueberry dan strawberry baik juga untuk menurunkan kolesterol. Kedua jenis beri ini mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan termasuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Aneka buah beri ini bisa dimakan langsung ataupun dijadikan jus. Jika ingin diolah jadi jus, buah beri ini sebaiknya diracik tanpa tambahan pemanis. Rasa manis pada buah beri sudah membuat jus ini segar dan lezat.

Untuk membuat jus beri sendiri, sediakan blackberry dan strawberry masing-masing 12 buah. Tambahkan sedikit air dan es batu. Blender hingga halus dan sajikan segera .

4. Jus belimbing
Buah belimbing mengandung natrium serta vitamin C yang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi belimbing secara teratur bisa menurunkan berat badan dan juga kadar kolesterol berlebih.

Sebagai sumber nutrisi yang baik, belimbing wajib rutin dikonsumsi. Anda bisa mengolahnya sebagai jus.

Siapkan belimbing ukuran sedang beserta air temu lawak sebanyak 50 ml. Kemudian persiapkan juga air jeruk lemon dan 2 sdm madu. Blender semua bahan. Tambahkan es batu sebelum dihidangkan.

Belimbing juga bisa dinikmati langsung sebagai makanan selingan atau camilan. Kandungan air yang banyak dalam belimbing bisa memberi sensasi segar dan juga menghidrasi tubuh.

5. Jus delima apel
Berdasarkan penelitian, jus delima mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Antioksidan inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi penumpukan lemak jahat alias LDL.

Sementara buah apel kaya akan zat pectin. Zat ini adalah zat serat larut yang bisa melancarkan pencernaan.

Selain itu buah apel mengandung zat antioksidan yang membuatnya menjadi buah penangkal radikal bebas dalam tubuh. Konsumsi apel dalam keadaan segar maupun dalam bentuk jus sama baiknya untuk menurunkan zat kolesterol tubuh.

Campurlah apel dan buah delima secukupnya. Blender buah ini hingga halus dan tambahkan es batu. Nikmati jus apel delima ini selagi dingin. Jus ini bisa diandalkan sebagai obat penurun kolesterol yang enak. (dc/int)