Lifestyle

Mi Robot Vacuum Teknologi AIoT Canggih Xiaomi untuk Bersih-bersih Rumah

FaseBerita.ID – Xiaomi turut memboyong sejumlah produk ekosistem terbarunya, bersama dengan peluncuran Mi 11. Perusahaan asal China itu merilis produk AIoT yang fokus pada kebersihan.

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse mengatakan, solusi AIoT terbaru dari lini produk pembersih dihadirkan karena di masa pandemi ini saat kebersihan menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Tiga produk yang dimaksud adalah Mi Robot Vacuum-Mop Essential, Mi Vacuum Cleaner Light, dan Mi Vacuum Cleaner Mini. Nah, berikut keunggulan masing-masing fiturnya:

Mi Robot Vacuum-Mop Essential

Sesuai namanya, Mi Robot Vacuum-Mop Essential adalah “robot” yang dapat menyapu sekaligus mengepel lantai. Menariknya, semuanya dapat dikontrol lewat aplikasi Mi Home.

Ini merupakan salah satu produk AIoT tercanggih Xiaomi, cocok untuk membersihkan masalah di rumah berukuran kecil hingga sedang.

Apa saja fiturnya? Pertama, Mi Robot Vacuum-Mop Essential dilengkapi Vacuum dan Pel. Jadi, seperti menyapu dan mengepel lantai sekaligus.

Kontrol tangki airnya sudah digital. Ada 3 level pengaturan air 200 ml, yang dikendalikan secara elektronik untuk mengendalikan aliran air secara efektif, mencegah rembesan, dan melindungi lantai kayu dan ubin dari kerusakan.

Bagaimana dengan daya isap robot mungil ini? Kuat sekali, mencapai 2200 Pa. Bahkan ada 4 pilihan daya isap yang dapat diubah selagi beroperasi. Mulai menghilangkan benda seukuran kacang polong, potongan kertas dan biji melon, hingga debu lantai ukuran 3 mikron karena menggunakan filter HEPA.

Bukaan isap berdiameter lebar juga memudahkan pembersihan pada semua jenis permukaan. Sementara Mode Daya Tinggi mampu membersihkan obyek berukuran biji-bijian hingga debu dan rambut.

Bodi Mi Robot Vacuum-Mop Essential super tipis, tebalnya hanya 82 mm, sehingga cekatan menjelajah seluruh rumah karena memiliki jangkauan pembersihan sangat baik. Mulai sisi bawah tempat tidur, sofa, meja, serta kursi.

Giroskop presisi tinggi memungkinkan pembersihan sirkular untuk membersihkan setiap tepi dan sudut ruangan dengan efektif. Tenang, Mi Robot Vacuum-Mop Essential dilengkapi sensor inframerah sehingga tidak akan terbentur.

Apalagi sudah dilengkapi Sistem Navigasi Pintar, remote control lewat aplikasi Mi Smart Link dan Mi Home Remote, serta Kontrol Suara AI Mi, Google Assistant + Kontrol Alexa, serta pemetaan real-time.

Mi Home memungkinkan robot mulai pembersihan jarak jauh dengan menyentuh satu tombol saja, termasuk mengganti-ganti mode pembersihannya. Ketika dayanya habis, maka otomatis akan kembali untuk mengisi daya.

Untuk harga, Xiaomi membanderol Mi Robot Vacuum-Mop Essential dengan harga perkenalan Rp2.199.000 dan harga offline Rp2.199.000. Bisa dipesan mulai 23 Maret 2021 pukul 12.00 WIB. Perangkat ini dapat diperoleh di Mi.com, Shopee, dan Authorized Mi Store.

Mi Vacuum Cleaner Light

Mi Vacuum Cleaner Light memiliki desain ringan, tanpa kabel, serta daya hisap kuat.

Mi Vacuum Cleaner Light tidak hanya nyaman di genggam, tapi juga ringan dan mudah dibawa, bisa menjangkau tempat-tempat sulit, namun tetap punya daya hisap kuat hingga 50 AW.

Desain tanpa kabel memudahkan Mi Vacuum Cleaner Light dibawa-bawa untuk membersihkan seluruh ruangan di dalam rumah. Mulai kamar tidur, ruang tamu, hingga ruang belajar.

Bahkan tidak hanya untuk lantai, bisa juga dipakai membersihkan furniture, kayu dan karpet. Ukurannya yang ringkas dan berat hanya 1,2 kg, membuat Mi Vacuum Cleaner Light mudah menjangkau sudut-sudut ruangan, termasuk pintu, jendela, sudut dinding dan tangga. Terutama lewat fitur nozel celah.

Nozel sikat menyikat dan vakum debu serta kotoran. Sikat lembut mengumpulkan debu permukaan untuk menyedot debu, cocok untuk membersihkan sofa, lemari, dan semua jenis permukaan kerja.

Sama seperti Mi Robot Vacuum-Mop Essential, Mi Vacuum Cleaner Light juga menggunakan filtrasi 3 langkah, filter HEPA, serta pembersihan tingkat mikron.

Tenang, motornya brushless dengan daya hisap 50 AW dapat beroperasi efisien dan sunyi selama pembersihan. Baterai lithium menyediakan waktu pengoperasian 45 menit, cocok untuk membersihkan rumah, hingga apartemen ukuran sedang-besar.

Untuk pembersihan harian, pilih mode Standar untuk menangkap partikel dari semua ukuran. Untuk pembersihan mendalam, pilih mode MAX. Jika tidak dipakai, Mi Vacuum Cleaner Light bisa diletakkan di dudukan dinding agar ruangan lebih tertata.

Mi Vacuum Cleaner Light juga tersedia mulai 23 Maret 2021 dan dijual dengan harga perkenalan Rp1.399.000 serta harga offline Rp1.499.000.

Mi Vacuum Cleaner Mini

Mi Vacuum Cleaner Mini mampu mengangkat debu di keyboard computer maupun laptop dengan mudah.

Mi Vacuum Cleaner Mini adalah versi mungil Mi Vacuum Cleaner Light. Dirancang sangat kompak dan portable. Ukurannya bahkan lebih kecil dari termos, dengan kapasitas 550 mL.

Beratnya juga hanya 0,5 kg, yang bahkan lebih ringan dari botol air. Sehingga praktis digunakan di rumah, atau dibawa-bawa di mobil. Karena kompak, Mi Vacuum Cleaner Mini juga bisas menjangkau lipatan pada sofa, serta jok dan kabin mobil yang sulit dibersihkan.

Bagaimana dengan daya hisapnya? Mi Vacuum Cleaner Light menggunakan motor tanpa sikat dengan desain ventilasi ganda yang diklaim punya performa tinggi. Daya hisapnya mencapai 13,000 Pa dengan kecepatan motor 88.000 rpm.

Fungsi hidup/matinya juga cepat, untuk mencegah debu tertinggal di nozel saat mesin dimatikan. Kedua nozel bisa digunakan terpisah atau bersamaan.

Ada dua mode hisap. Pertama, mode standar memiliki daya tahan baterai 30 menit. Sementara mode kuat, daya tahan baterainya 9 menit. Menariknya, Mi Vacuum Cleaner Light menggunakan port Tipe-C, sehingga kompatibel dengan kabel telepon seluler dan power bank.

Untuk membersihkan, cukup tekan tombol dan wadah debu akan terbuka. Untuk mengeluarkan kotoran, cukup geser tombol dan sedikit tekan.

Mi Vacuum Cleaner Mini dijual dengan harga perkenalan Rp629.000 dan harga offline Rp649.000, dapat diperoleh di Mi.com atau Authorized Mi Store mulai 23 Maret 2021.(rel/fabe)