Lifestyle

Menyegarkan, Ini Aneka Manfaat Makan Semangka

Ada banyak sekali buah di pasaran namun salah satu yang paling umum dan banyak dikenal adalah buah dengan ukuran besar bulat berwarna hijau dan berdaging merah bernama semangka.

Meski sangat umum, bukan berarti semua orang sudah tahu kandungan gizi dan manfaatnya yang sehat. Ini sekian manfaat makan buah semangka yang mungkin selama ini jarang diketahui orang.

1. Mencegah dehidrasi
Buah semangka terdiri dari 92% sehingga tak heran jika makan buah semangka mampu mengurangi rasa haus dan mencegah dehidrasi sekaligus membuat perut kenyang.

2. Mampu meringankan nyeri otot
Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa semangka memiliki komponen l-citrulline yang bisa meringankan nyeri otot setelah berolahraga dan membantu mengatur detak jantung stabil.

3. Melancarkan pencernaan
Semangka memiliki kandungan serat tinggi yang membantu kelancaran pencernaan dan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Mencegah kanker
Semangka dengan warnanya yang merah, mengindikasikan adanya vitamin A dan lycopene yang tinggi. Lycopene bisa menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit, bahkan diketahui bisa membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Kandungan cucurbitacin E dalam semangka juga diketahui mampu mencegah tumbuhnya sel-sel tumor.

5. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan lycopene dalam semangka menurut penelitian yang diterbitkan dalam EXCLI Journal mampu meningkatkan fungsi arteri, mencegah pengerasan arteri dan menurunkan tekanan darah sehingga sangat baik menjaga kesehatan jantung.

6. Mengatasi inflamasi dan radikal bebas
Bukan hanya lycopene dan kalium, buah semangka juga sumber vitamin A dan C yang tinggi. Semangka bisa memberikan paling tidak 20% dari asupan harian vitamin C dan 17% vitamin A, dan mampu mengurangi inflamasi di dalam tubuh serta proses oksidatif yang mampu merusak sel-sel tubuh.

7. Mencegah degenerasi makula
Semangka memiliki kandungan lycopene dan vitamin A yang tinggi dan penelitian yang diterbitkan dalam EXCLI Journal juga menunjukkan bahwa kandungan sehat ini mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan mata degenerasi makula saat tua.

Jadi, mulai sekarang ingat-ingat skeia manfaat sehat ini setiap kali makan buah semangka ya. (fim/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button