Lifestyle

Manfaatkan Biji Buah dengan Cara Ini

FaseBerita.ID – Indonesia sebagai negara penghasil buah-buahan yang melimpah dan memiliki iklim yang baik untuk tumbuhnya berbagai jenis buah, tentu hal yang wajar jika dengan mudah kita menemukan aneka buah di dekat kita.

Saat musim buah, beberapa jenis buah seperti mangga, rambutan, duku, alpukat dan nangka dengan mudah dapat kita temukan. Jika selama ini biji buah yang kita makan langsung dibuang di tempat sampah, kali ini coba melakukan hal yang berbeda. Yaitu menyimpan biji buah yang dimakan dan menyiapkannya menjadi bibit yang siap tanam.

Seperti yang disampaikan Deyang dalam akun twitternya @deyang (28/3). Dalam cuitannya ia menyarankan untuk mencuci dan mengeringkan biji buah yang kita makan dan membungkusnya di dalam koran kemudian menyimpannya dalam tas. Saat menemukan tanah kosong yang terbuka, buang biji-biji tersebut.

Saat musim penghujan seperti ini, biji tersebut akan tumbuh dengan mudah. Well, tindakan ini sangat sederhana ini bisa menjadi cara kita untuk menyumbang satu pohon untuk dunia.

Tidak semua tanaman memiliki biji dan mudah ditanam. Buah-buahan yang dapat ditanam bijinya antara lain; alpukat, durian, kelengkeng, rambutan, jambu biji, jeruk dan belimbing.

Selain memiliki buah yang enak, pohon dari buha-buahan ini cukup rindang sehingga membuat teduh sekitarnya.

Dengan menggalakkan ide sederhana ini, secara tidak langsung kita dapat membantu menjaga lingkungan sekitar. Bahkan di Thailand, seperti yang dicuitkan @deyang Pemerintah Thailand telah mempromosikan hal ini kepada semua warganya selama beberapa tahun terakhir. Banyak petugas distrik mereka yang telah mendorong kampanye ini secara agresif dan berhasil.

Yuk, dukung langkah sederhana ini untuk membuat dunia menjadi lebih hijau. Semoga bermanfaat. (fim)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button