Lifestyle

Manfaat Jamu Beras Kencur dan Resepnya

FaseBerita.ID – Jamu beras kencur terutama dalam masa pandemi COVID-19 jadi salah satu minuman yang paling dicari. Jamu memang jadi salah jenis minuman tradisional di Indonesia yang dipercaya punya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengikuti perkembangan zaman, jamu kini dikemas secara modern sehingga menjadi minuman kekinian. Kamu dijamin tidak akan menolak jika diberi minuman jamu beras kencur. Baunya wangi dan menggugah selera. Sehat sudah pasti karena minum jamu beras kencur.

Selain meningkatkan nafsu makan, manfaat dan khasiat jamu beras kencur antara lain menghilangkan pegal-pegal dan rasa capek. Dikutip dari buku ‘Kaya dari Rumah: Panduan Mengembangkan Bisnis dari Rumah (Industri Rumahan) oleh Bambang Triono, Rina Noviani, dan Muhammad Rois, jamu beras kencur dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pria jika diminum dengan madu.

Manfaat kencur juga sudah dipaparkan dalam International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences edisi Mei 2018. Dalam artikel berjudul Pharmacological importance of Kaempferia galanga (Zingiberaceae): A mini review peneliti dari Bangladesh menyimpulkan kencur merupakan herbal penting yang punya manfaat untuk keperluan pengobatan.

Jamu beras kencur juga dapat menghilangkan batuk dan sakit maag. Sedangkan, kencurnya saja, dapat bermanfaat untuk wajah yakni menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan memakai masker tradisional.

Berikut resep jamu beras kencur dilansir buku ‘Jamu Pusaka Penjaga Kesehatan Bangsa Asli Indonesia’ karya Murdijati Gardjito, Eni Harmayani, dan Kamilia Indraputri Suharjono:

1. Resep Jamu Beras Kencur
Bahan:
50 gram kencur basah, dikupas.
50 gram beras.
Asam secukupnya.
Air secukupnya.
Garam secukupnya.
Gula kelapa secukupnya.

Cara membuat:
1. Beras direndam dengan air sebentar, ditiriskan.
2. Gula kelapa direbus dengan sedikit air (menjadi air gula/ juruh).
3. Asam direndam dengan air kemudian disaring.
4. Kencur ditumbuk halus, begitu juga dengan beras yang telah
direndam.
5. Kencur dan beras yang telah ditumbuk halus dicampur dengan juruh, asam, dan garam, kemudian disaring.

Petunjuk minum:
Jamu ini lebih enak jika diminum dengan es. (dc/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button