Lifestyle

Lewat WOHD, PDGI Gelar Bhakti Sosial; Ayo Sikat Gigi 2 Kali Sehari

TAPSEL, FaseBerita.ID – PDGI Cabang Tapanuli Selatan berkerjasama dengan Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) dan Unilever menggelar penyuluhan kepada guru dan pemeriksaan gigi pada murid, di MIS Terpadu Al-Hijrah, Kecamatan Batang Angkola, pada 25 Maret 2019 lalu.

Kegiatan ini merupakan perayaan World Oral Health Day (WOHD) 2019 yang bertema Say Ahh: Act on Mouth Health. Dan, penyuluhan sekaligus pemeriksaan dilakukan oleh dokter gigi dari PDGI Cabang Tapanuli Selatan yang berjumlah 8 orang.

Ada 4 tema penyuluhan yang merupakan pembiasaan hidup sehat yaitu cuci tangan, makanan bergizi, minum air bebas kuman dan sikat gigi yang diberikan kepada gurunya. Dan, diharapkan ilmu yang dibagikan kepada guru dapat disampaikan kepada murid. Dan dijadikan pedoman hidup.

Ketua panitia drg Riri Heny Karni mengatakan, mengingat masih banyak masyarakat yang masih mengikuti kebiasaan di pagi hari mandi sambil sikat gigi lalu sarapan pagi. Hal ini adalah kebiasaan yang salah.

“Seharusnya sarapan pagi dulu baru sikat gigi, agar gigi selalu dalam keadaan bersih dan terhindar dari kuman penyebab gigi berlubang,” ucapnya sambil menyebut, sikat gigi 2 kali sehari, pagi sesudah sarapan pagi dan malam sebelum tidur diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Diungkapkan Riri, kegiatan PDGI Tapsel juga berlanjut pada tanggal 26 Maret di Lapangan Sepakbola Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola. Di lokasi ini diselenggarakan selebrasi World Oral Health Day (WOHD) 2019. Kegiatannya berupa sikat gigi bersama 574 siswa dari enam sekolah.

“Ada SDN 100602 Benteng Huraba, SDN 100614 Pintu Padang, SDN 100610 Pintu Padang, SDN 100601 Pintu Padang, MIS Terpadu Al-Hijrah dan SDS Islam Terpadu Nurul Fikri,” terangnya.

Pada aksi skat gigi bersama 574 siswa disaksikan Suryadi yang mewakilki Kepala Dinas Kesehatan, Camat Batang Angkola Taufik R Lubis beserta Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Puskesmas Pintu Padang, Danramil, Kapolsek dan lintas sektoral lainnya.

“Tanggal 20 Maret diperingati sebagai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut sedunia,” terang Riri.

Mewakili Kasis Kesehatan, Suryadi menyampaikan apresiasi yang tinggi pada PDGI yang menunjukkan bhaktinya ditengah masyarakat, khususnya generasi muda. “Ini tentu menjadi bagian dari upaya Pemkab Tapsel dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat demi terwujudnya masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera,” terangnya.

Camat Batang Angkola Taufik R Lubis membuka kegiatan dengan melepaskan balon ke udara. (ran)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button