Lifestyle

Kulit Mulus dengan Konsumsi Makanan Sumber Kolagen Ini

Kolagen banyak dipakai dalam produk kecantikan untuk membuat kulit sehat dan cerah. Kalau mau yang alami, konsumsi saja 5 makanan sumber kolagen berikut. Rasanya enak!

Kolagen adalah protein yang memberikan struktur, kelenturan, dan peregangan pada kulit. Ada banyak jenis kolagen, namun tubuh manusia mengandung kolagen tipe 1, 2, dan 3.

Seiring pertambahan usia, produksi kolagen tubuh manusia akan semakin sedikit. Padahal kolagen diperlukan untuk melawan keriput dan masalah kulit lainnya. Tak heran kini banyak minuman atau suplemen kecantikan yang dipasarkan dengan kandungan kolagen tinggi.

Kolagen sebenarnya bisa didapat secara alami melalui konsumsi makanan yang tepat. Dikutip dari Healthline (28/5), ahli gizi Krista Goncalves mengatakan, “Pola makan memiliki peranan besar untuk tampilan dan kemudaan kulit.” Berikut makanan sumber kolagen alami yang bisa kamu andalkan jika ingin mendapat kulit sehat:

1. Kaldu tulang
Penelitian menyebut kaldu tulang mungkin bukan sumber terpercaya untuk kolagen, namun banyak orang meyakini manfaat sehat kaldu tulang. Didapat dari proses perebusan tulang sapi atau ayam yang lama, kaldu tulang diyakini kaya kandungan kolagen.

“Karena kaldu tulang dibuat dari tulang dan jaringan ikat, makanan ini mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya,” kata ahli gizi Katey Davidson.
Hanya saja nutrisi tiap kaldu tulang berbeda, tergantung kualitas tulang serta bahan campuran yang dipakai. Sebaiknya buat kaldu tulang dari tulang yang memang berkualitas baik.

2. Ikan dan kerang
Pencinta seafood patut gembira karena makanan favorit mereka berupa ikan dan kerang termasuk sumber kolagen alami. Seperti halnya hewan lain, ikan dan kerang memiliki tulang serta ligamen yang terbuat dari kolagen.

Beberapa orang bahkan mengatakan kolagen dari seafood adalah salah satu yang mudah diserap tubuh. Namun perlu diperhatikan kalau kolagen tidak terkandung banyak pada daging ikan atau kerang.

“Kita cenderung tidak mengonsumsi bagian ikan yang tinggi kolagen seperti kepala, mata, atau sisik ikan,” kata ahli gizi Carrie Gabriel. Faktanya, penelitian kerap memakai kulit ikan sebagai sumber kolagen peptida.

3. Ayam
Satu lagi hewan yang konsumsinya bisa dijadikan sumber kolagen alami. Ayam terkenal sebagai bahan pembuatan suplemen kolagen. Produk ini banyak terdapat di pasaran dan laris manis.

Bagian ayam yang penuh kolagen adalah dagingnya. Coba perhatikan saat Anda memotong ayam utuh, pasti akan melihat banyak jaringan ikat di dagingnya. Bagian inilah yang membuat ayam jadi sumber kolagen.

Beberapa penelitian bahkan menggunakan bagian leher dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen untuk mengobati masalah artritis. Kelebihan lainnya, daging ayam mudah ditemui di Indonesia dengan harga jual relatif terjangkau.

4. Buah citrus dan berry
Selain hewani, sumber kolagen alami juga didapat dari makanan nabati. Salah satunya buah. Ada banyak konsumsi buah yang dianjurkan untuk mendapat asupan kolagen.

Rajinlah konsumsi buah citrus seperti jeruk dan lemon. Kandungan vitamin C pada buah citrus berperan penting dalam produksi pro-collagen, prekursor tubuh untuk kolagen.

Buah berry seperti strawberry atau blueberry juga bisa jadi andalan karena sama-sama tinggi vitamin C. Keuntungan lainnya, buah berry tinggi antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan.

5. Bawang putih
Bawang putih terkenal mampu melezatkan masakan. Makan bawang putih juga bisa mendapat banyak manfaat sehat, termasuk untuk kulit. Bawang putih mampu meningkatkan produksi kolagen tubuh.

Gabriel menjelaskan, “Bawang putih tinggi sulfur, yang merupakan trace mineral untuk bantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.” Namun untuk mendapat manfaat itu, konsumsi bawang putih harus banyak.

Karena fungsinya yang serbaguna dalam masakan, konsumsi bawang putih dalam jumlah banyak pun tidak ada ruginya. Apalagi bawang putih punya manfaat lain seperti menyehatkan jantung. (dc/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button