Lifestyle

Ketahui 7 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Buah srikaya memiliki nama latin Cherimoya (Annona cherimola). Memiliki warna hijau, berbentuk untuk dengan kulit bersisik dan dagingnya manis. Buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini. Buah srikaya ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Dalam laman Healthline disebutkan buah srikaya kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Srikaya juga sarat dengan antioksidan, yang memerangi radikal bebas di tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Senyawa tertentu dalam srikaya seperti asam kaurenoic, flavonoid, karotenoid dan vitamin C memiliki efek antioksidan yang kuat. Satu penelitian menemukan bahwa kulit dan dagingnya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

Penelitian lain menunjukkan bahwa makanan yang kaya karotenoid seperti srikaya dapat meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, beberapa bagian mengandung racun yang tak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Srikaya juga meningkatkan daya tahan tubuh hingga menurunkan risiko kanker. Dilansir dari Pink Villa, Senin (17/2), sedikitnya ada 7 manfaat makan buah srikaya di antaranya;

1. Kaya sifat antioksidan
Srikaya dikemas dengan sifat antioksidan yang melindungi kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Srikaya mengandung asam kaurenoat, flavonoid, karotenoid, dan vitamin C yang dapat memerangi kerusakan radikal bebas di tubuh yang melindungi kita dari penyakit kronis.

2. Tingkatkan Mood
Srikaya kaya vitamin B6 yang berperan besar dalam pembentukan neurotransmiter, termasuk serotonin dan dopamin. Srikaya mengendalikan suasana hati. Jika tubuh kekurangan vitamin B bisa membuat mood terganggu. Maka kunyahlah srikaya.

3. Bagus untuk Penglihatan
Buah ini dikemas dengan antioksidan karotenoid lutein yang menjaga penglihatan. Bahkan penelitian juga menemukan hubungan antara asupan lutein dan penglihatan yang sehat. Lutein juga melindungi mata dari katarak.

4. Mengatur Tekanan Darah
Srikaya mengandung kalium dan magnesium yang dapat mengatur tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Dan kalium dan magnesium keduanya bekerja pada pelebaran pembuluh darah yang menurunkan tingkat tekanan darah.

5. Menurunkan Risiko Kanker
Srikaya juga bisa melawan kanker. Senyawa flavonoid dari buah-buahan memiliki catechin, epicatechin dan epigallocatechin yang mencegah pertumbuhan sel kanker. Konsumsi srikaya teratur bisa menurunkan risiko kanker perut dan usus besar.

6. Mengurangi Peradangan
Peradangan bisa menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Srikaya memiliki senyawa anti-inflamasi yang memiliki asam kaurenoat. Asam ini hadir dengan efek antiinflamasi yang kuat yang dapat menurunkan kadar protein inflamasi.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Srikaya mengandung vitamin C yang secara efektif dapat meningkatkan tingkat kekebalan dalam tubuh untuk melindungi dari penyakit dan infeksi. Srikaya juga dapat mengurangi durasi flu. (jp)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker