Lifestyle

Jus Lidah Buaya, Segar dan Kaya Khasiat

Lidah buaya terkenal karena kaya akan manfaat sehat bagi tubuh. Lidah buaya ini juga enak dibuat campuran es hingga jus yang segar.

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan dengan daun yang memiliki daging tebal dari genus Aloe. Lidah buaya terkenal dengan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti kesehatan kulit, obat luar, kesehatan rambut, dan manfaat lainnya.

Lidah buaya ini kerap dijadikan gel untuk produk skincare. Daging buahnya pun dapat dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan. Seperti halnya aloe jelly yang teksturnya kenyal dan rasanya manis seperti nata de coco.

Selain itu ternyata tanaman berdaging tebal ini juga dapat dibuat menjadi jus lidah buaya. Jus lidah buaya ini memiliki beragam manfaat kesehatan yang sangat diperlukan untuk tubuh.

Kenapa Harus Lidah Buaya?

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tanaman ini juga sangat populer dijadikan bahan dasar untuk obat-obatan, produk kecantikan, perawatan kesehatan. Tanaman berdaging tebal ini telah banyak digunakan untuk khasiat obat dan metode penyembuhan.
Tanaman ini memiliki nama latin Aloe Barbadensis Miller ini kaya nutrisi yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dengan cara mengoleskan jelnya. Rasanya dingin dan cepat menutup luka.Tanaman berduri ini bisa diolah jadi jus yang menyegarkan.

Nutrisi dan Manfaat Jus Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman super yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tanaman obat ini berasal dari Sub-Sahara dan sangat populer di beberapa negara. Sebagian produk perawatan kesehatan dan kecantikan pun memiliki campuran lidah buaya di dalamnya.

Nutrisi yang terkandung di dalam lidah buaya sangat banyak. Diantaranya kaya akan zat antioksidan dan juga kaya vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, dan E. Lalu ada juga kandungan mineral seperti magnesium, zat besi, kalsium, zinc, kolin, selenium, kalium, serta asam amino.

Mengonsumsi jus lidah buaya setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sangat baik untuk melawan beragam jenis penyakit dna masalah kesehatan. Diantaranya masalah pencernaan, kolesterol yang tinggi, mencegah kanker, hingga mencegah diabetes.

Cara Mengambil Ekstrak Lidah Buaya

Tak semua bagian dari lidah buaya dapat digunakan untuk bahan pembuatan jus. Yang bisa digunakan hanyalah eskrak dari lidah buaya tersebut. Ekstrak lidah buaya yang dimaksud adalah daging tebal lidah buaya yang telah dipisahkan dari kulit luarnya.

Daging lidah buaya ini juga harus bebas dari kulit dan juga lendir sebelum dijadikan untuk jus yang dapat diminum. Cuci daging lidah buaya hingga bersih dari lendir. Kemudian tiriskan hingga tidak berair.
Daging lidah buaya ini juga memiliki rasa yang agak pahit. Karena itu sebaiknya rendam dalam air bersih selama semalam. Atau kucuri daging lidah buaya dengan air jeruk lemon atau jeruk nipis.

Cara Membuat Jus Lidah Buaya

Siapakan daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih. Potong-potong lidah buaya, masukkan dalam mangkuk blender, tambahkan sedikit air dan proses hingga halus. Jus lidah buaya dengan cita rasa yang alami siap dinikmati.

Namun jika ingin mengonsumsi jus lidah buaya dengan cita rasa yang lebih beragam, tambahkan bahan alami lainnya seperti air jeruk lemon, air jeruk nipis, madu, atau jahe cincang.

Selain menambahkan cita rasa dan khasiat lainnya, juga berfungsi untuk menetralisirkan aroma lidah buaya yang kuat. Fungsi lainnya juga dapat membantumengurangi berat badan. Jus lidah buaya ini bisa dibuat dengan jumlah yang banyak, lalu simpan dalam kulkas dan bisa dikonsumsi setiap saat. (detik)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close