Lifestyle

Iptu Yuken Saragih: 14 Tahun Berkiprah di Jatanras

Kunjungi Banyak Kota untuk Mengejar Pelaku Kejahatan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Yuken Saragih pria kelahiran 3 Oktober 1985 dari Kabupaten Simalungun ini telah berkecimpung di kepolisian selama lebih kurang 14 tahun. Ia tergabung di Satreskrim unit Jatanras Polres Pematangsiantar.

Tentu dalam kurun waktu yang cukup panjang tersebut, banyak pula kisah-kisah tersendiri dialami oleh polisi lebih akrab dipanggil Bang Yuken ini.

Pria bertubuh tinggi ini dikenal ramah, mudah bergaul dan selalu membuka diri berbaur dengan siapapun. Termasuk dengan insan pers.

Rekam jejak Bang Yuken dalam mengungkap tindak kejahatan dan meringkus para pelaku kriminal tak perlu diragukan lagi.

Sejumlah kasus besar pernah ia ungkap, mulai kasus pembunuhan, perampokan dan kriminalitas lainnya.

Saat kami bincang-bincang di ruang kerjanya di unit Jatanras Polres Pematangsiantar, Jumat (1/10/2019), Bang Yuken berbagi cerita tentang profesinya sebagai anggota kepolisian Republik Indonesia.

Menurut Yuken Saragih, untuk mengungkap sebuah kasus besar, dibutuhkan kerja keras, kesabaran dan wawasan yang luas. Saat mengejar pelaku tindak pidana kejahatan, banyak daerah dijelajahi.

“Saya pernah ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Palembang, Padang,” kisah Bang Yuken.

Tak jarang mereka berhari-hari di luar kota untuk menangkap seorang pelaku.

“Dulu kami pernah di Padang selama 26 hari untuk mengejar pelaku. Itulah pelaku pembunuhan sadis,” jelas Bang Yuken.

Tak jarang, pihaknya terpaksa memberikan tindakan tegas dengan tembakan terukur, untuk melumpuhkan pelaku yang hendak melarikan diri atau bahkan melawan. Pelaku bisa saja melawan dengan senjata tajam, atau bahkan dengan senjata api.

Saat ini, Yuken mendapat kepercayaan untuk bertugas di wilayah hukum Polres Simalungun. Ia berpesan kepada rekannya di Polres Pematangsiantar untuk tetap semangat dan saling bantu dalam melaksanakan tugas. (Mag-03/joe/fi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close