Lifestyle

Ini 8 Teh yang Baik Diminum untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dalam darah. Terlepas dari pengobatan, dokter biasanya mewanti-wanti penderita diabetes untuk mengurangi gula. Beberapa teh herbal bisa mengendalikan gula darah agar stabil.

Meminum satu atau dua cangkir herbal setiap hari bisa mengendalikan kadar glukosa darah. Dilansir dari Boldsky, Kamis (1/8/2019), ada delapan teh yang baik dimimum bagi pasien diabetes.

1. Teh Ginseng
Ginseng cenderung memperlambat penyerapan karbohidrat dan meningkatkan sekresi insulin dari pankreas. Dianjurkan untuk minum secangkir setiap pagi untuk menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali.

Dalam laman Very Well Fit, sebuah studi penelitian terbaru di Amerika Serikat tahun 2019 menemukan bahwa manfaat glikemik dari ginseng bersama obat oral untuk diabetes tipe 2 (seperti metformin) menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik, penanda lipid darah, dan peningkatan pembentukan oksida nitrat. Hal ini menunjukkan bahwa ginseng meningkatkan fungsi endotel dan melindungi terhadap kardiovaskular penyakit pada pasien tersebut.

2. Teh Bilberry
Ekstrak bilberry membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah. Tambahkan 1 hingga 3 sendok teh bilberry ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan campuran minuman itu selama 10 hingga 15 menit untuk hasil terbaik.

3. Teh Aloe Vera
Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu mengatasi diabetes tipe 2 dan mengurangi kadar glukosa plasma puasa pada orang-orang yang menunjukkan gejala prediabetes. Tambahkan 1 sendok teh aloe vera jelly ke dalam cangkir teh hitam.

4. Teh Sage
Teh sage telah terbukti meningkatkan aktivitas insulin pada penderita diabetes Tuangkan secangkir sage dalam air mendidih dan saring airnya sebelum diminum.

5. Teh Hijau
Teh hijau memiliki efek besar pada tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol LDL. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

6. Teh Fenugreek
Tanaman aromatik ini memiliki manfaat obat dan kuliner. Selain sebagai bahan masakan yang populer, selalu digunakan dalam pengobatan. Teh ini memiliki serat larut tinggi yang bisa mengurangi gula darah dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Selain itu juga akan antioksidan, vitamin dan mineral.

7. Teh Dandelion
Akar dan daun ramuan Tiongkok ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk manfaat pengobatan dan kesehatannya. Dandelion mengandung komponen bioaktif dengan sifat antidiabetik potensial. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi daun dandelion secara signifikan mengurangi kadar gula darah pada diabetes.

8. Teh Oolong
Tingkat kafein dalam teh Tiongkok ini dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengurangi gula darah. Gunakan 2 sendok teh daun oolong dalam secangkir air panas dan biarkan selama 1 hingga 5 menit. (jp)