Lifestyle

Ines Permatasari Sinaga: Usaha Tak Pernah Membohongi Hasil

Jangan pernah takut berusaha karena usaha tidak akan pernah membohongi hasil.

Inilah yang selalu diingat Ines Permatasari Sinaga (27), ibu dari satu anak yang memiliki usaha INES ponsel sampai sekarang yang sudah mulai besar.

“Selalu berserah kepada Tuhan. Kalau mau berusaha dan bekerja keras, Tuhan pasti berikan jalan,” ujarnya.

Ia mulai terjun ke dunia usaha setelah seminggu menikah sekitar 3 tahun lalu. Sebelumnya dia bekerja sebagai sales di salah satu perusahaan dan dia mendapat ilmu dari situ.

Di awal membuka usaha, dia hanya modal nekat tanpa ada bantuan modal dari keluarga dan hanya kerjasama dengan suami.

“Awal buka sih gak segampang yang dilihat dan dipikirkan orang. Karena kami buka usaha pakai uang pribadi tanpa ada bantuan dari orang tua ataupun keluarga. Istilahnya ‘modal percaya dan nekat saja’. Kami mulai membuka usaha kecil-kecilan dulu (nyicil beli barangnya sedikit demi sedikit). Hingga akhirnya sampai sekarang ya seperti dilihat orang. Belum terlalu besar juga sih. Tapi lumayanlah sudah bisa menabung dan membiayai anak,” ujar wanita yang tinggal di Jalan Patuan Anggi itu.

Ines juga menambahkan, sudah pernah membuka cabang di beberapa titik untuk menjual paket. Namun sejak dia hamil tidak ada yang bisa mengurus karena suami fokus di kios. Sehingga mengambil keputusan untuk menutup beberapa cabang tersebut.

“Sudah sempat sih buka cabang jualan paket di pinggir jalan. Sudah ada 9 lapak. Tapi sekarang kami tutup semua. Soalnya nggak ada yang ngurus. Suami sudah sibuk jaga toko di rumah dan aku sibuk ngurus anak. Apalagi yang kita ketahui mencari orang yang sangat dipercayai itu kan sulit,” ujarnya.

Namun, sesibuk apapun Ines tetap mengutamakan keluarga dan selalu memberikan waktu dan berkomunikasi dengan keluarga. “Kepada orang-orang jangan pernah menyerah dengan ke adaan kalau mau berusaha pasti ada jalan,” sebutnya.

“Saya tetap selalu berkomunikasi dengan keluarga. Dan saya menyarankan kepada keluarga maupun orang-orang terdekat. Saya selalu menyarankan jangan pernah takut untuk berusaha dan bekerja keras. Kalau kita punya kemauan, Tuhan pasti bukakan jalan,” ujar Alumni FKIP Nommensen Pematangsiantar itu. (Mag 04)

iklan usi