Lifestyle

Indra MW Merangkak dan Jatuh Bangun

Nama Indra MW sudah terkenal di Kota Pematangsiantar sebagai make up artist (MUA). Bagi kalangan pecinta dunia kecantikan, hampir tak ada yang tak mengenal owner MW Salon di Jalan Surabaya Pematangsiantar ini.

Untuk menjadi seperti sekarang ini, ternyata bukan hal yang mudah. Indra, sudah melalui sejumlah tahapan dan proses. Bahkan merangkak dan jatuh bangun dalam merintis karir dan usahanya sudah dijalaninya.

“Mungkin banyak yang melihat aku sekarang ini tidak tau bagaimana aku dulu merangkak, jatuh bangun, dan menangis. Kalau sekarang aku bisa tersenyum dan tertawa, itu sudah melalui proses panjang dalam hidup aku,” terang Indra, yang ditemui di tempat usahanya, Senin (19/8/2019).

Diterangkan pria berpostur tinggi ini, ia sudah menekuni bidang kecantikan selama 19 tahun, atau sejak tahun 2000. MW Salon sendiri, dibukanya sejak enam tahun lalu.

“Dan, tiga tahun terakhir ini lah aku mulai menikmati jerih payah selama ini,” tukas Indra, yang saat terpuruk mendapat dukungan dan motivasi dari teman-teman dekatnya.

Semua yang diraihnya saat ini, lanjut Indra, berawal dari mimpi. Setiap kali mengikuti seminar, ia selalu berhawap suatu saat bisa berada di stage (panggung) menjadi narasumber atau motivator.

“Aku sudah berada di panggung workshop kecantikan, ya sekitar 20 kali lah,” ujar Indra, seraya menambahkan workshop tersebut digelar di Pematangsiantar, Balige, Pangururan, Tebingtinggi, Medan, Pekanbaru, dan Batam.

Diakui Indra, saat ia mulai masuk untuk make up wedding (pernikahan), di Pematangsiantar sudah banyak salon ternama. Namun Indra yakin dan percaya diri, ia mampu. Karenanya, ia terus meng-upgrade dirinya dengan sekolah dan mengikuti seminar kecantikan. Alhasil, selama ia menekuni bidang kecantikan, sudah ratusan sertifikat diperolehnya.

“Aku tidak pernah puas, makanya terus sekolah dan belajar. Kapan ada kesempatan sekolah, aku ikuti. Tahun 2017, aku sekolah ke Singapura, dan memeroleh juara dua,” terang Indra yang mengaku saat terpuruk sempat disepelekan dan tidak dihiraukan oleh orang-orang di sekitarnya.

Kini, Indra pun memetik hasil. Orang-orang terkenal di Pematangsiantar, termasuk keluarga pejabat, kerap menjadi kliennya.

“Membangun kepercayaan klien itu tidak mudah. Aku sendiri, sangat senang jika klien puas. Kalau mereka puas, pasti akan percaya pada kita,” ujar Indra yang bercita-cita membuka akademi kecantikan di Kota Pematangsiantar.

“Mungkin dua atau tiga tahun lagi lah,” tukasnya.

Bentuk MUA Community

Indra berusaha menjalin hubungan baik dengan para MUA di Siantar-Simalungun. Bahkan, ia membentuk MUA Community. Komunitas ini, katanya, untuk persaudaraan dan kekeluargaan. Soal rezeki, kata Indra, sudah ada yang mengatur.

“Sehebat apapun kita, kemampuan kita tetap terbatas. Jadi sesama satu profesi, tidak usah menunjukkan persaingan,” kata Indra, yang pada Minggu (18/8) baru saja satu panggung dengan artis Ivan Gunawan dalam acara Beauty Class di Medan.

Saat 11 anggota MUA Community berkumpul, selalu ada dress code. Namun, tetap diupayakan mengangkat budaya, dan tetap fashionable.

Agenda Indra dalam waktu dekat, yakni 30 Oktober 2019 mendatang, ia bakal satu panggung dengan MUA dari Jakarta, dalam acara di Medan.

“Mereka memang yang merias para artis. Ada yang MUA-nya Syahrini dan Krisdayanti,” terang Indra, yang menjaga kebugaran tubuh dengan istirahat cukup, konsumsi vitamin, dan olahraga.

“Setahun sekali selalu saya upayakan liburan,” katanya.

Lantas, apa pesan bagi kaum perempuan?

“Semua perempuan itu cantik. Tinggal bagaimana menunjukkan kecantikannya,” kata Insra.

Cantik itu sebenarnya identik dengan sehat, dan cantik itu relatif, tergantung siapa yang memandang. Yang pasti, perempuan tetap harus merasa cantik dan percaya diri. (awa)