Lifestyle

Indra Gunawan Honor Stand Up Perdana Beli Hijab Ibu

Hijab putih berbunga-bunga menjadi hadiah terakhir Indra Gunawan alias Bob untuk sang ibunda, Sriyani. Hijab yang dibelinya di Pasar Horas Pematangsiantar dengan harga tidak sampai Rp50 ribu itu, dibeli dari hasil kerjanya kali pertama sebagai komika.

“Saya memang berjanji sama ibu saya, begitu saya terima honor pertama dari stand up commedy, saya kasih hadiah untuk dia. Itu sekitar April-Mei 2016.  Lalu, Juni 2016 ibu saya meninggal dunia karena sakit,” terang Bob, yang mengaku honor pertamanya dari ber-stand up commedy di salah satu kafe di Jalan Kartini itu sebesar Rp50 ribu.

Diakui Bob, ibunya memang sempat menentang keinginannya menjadi komika. Apalagi saat itu Bob sudah berstatus karyawan tetap di perusahaan besar di Pematangsiantar. Namun hati sang ibu luluh setelah melihat Bob tampil di pusat perbelanjaan di Jalan Medan, dan banyak yang meminta foto bersama.

“Akhirnya ibu setuju. Dia hanya bilang, kalau memang itu pilihan saya, harus fokus,” tukas Bob yang kemudian di akhir 2016 memilih resign dari pekerjaannya karena sibuk dengan stand up commedy.

Menurut sulung dari dua bersaudara itu, ia tertarik menjadi komika setelah melihat penampilan beberapa komika di akun YouTube. Lantas ia mencari tahu kumpulan para komika di Pematangsiantar. Diajak bertemu dan mulai belajar. Hingga kemudian mereka membentuk Stand Up Indo Siantar.

Masih kata Bob, meski senang bercanda, namun ia kerap merasa malu dan tidak percaya diri jika bertemu orang baru. Setelah menjadi komika, rasa percaya dirinya mulai tumbuh, dan ia mampu membuat lelucon di depan khalayak ramai.

Setelah bergabung di Stand Up Indo Siantar, bersama komika lainnya, setiap Sabtu malam mereka latihan tampil di salah satu kafe di Jalan MH Sitorus. Namun beberapa hari sebelumnya, mereka terlebih dahulu mendiskusikan materi yang akan ditampilkan.

“Jangan sampai ada yang bisa memicu konflik, termasuk yang berhubunga dengan SARA,” tukas alumni SMK Pembaharuan jurusan komputer jaringan ini.

Bob mengaku, ia sering menerima job sebagai komika hingga ke luar Kota Pematangsiantar. Seperti Tebingtinggi, Kisaran, dan Sidikalang. Biasanya ia diundang di acara-acara sekolah dan gathering.

“Saya dan tim juga beberapa kali mengisi acara di event yang ada di Siantar. Tahun lalu, kami tampil di acara Millenial Road Safety Festival Polres Pematangsiantar dan saat acara komunitas Vespa,” terang pria yang tinggal bersama ayahnya, Teguh dan seorang adik perempuannya di Simpang Kerang, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba.

Saat ini, lelaki yang lahir 6 Agustus 1993 ini bersama tim tengah memersiapkan acara roasting salah satu tokoh di Pematangsiantar yang akan digelar Sabtu (1/2) malam di Pininta Cafe. Bob mengaku, ia berharap acara roasting seperti itu bisa terus digelar di Pematangsiantar.

“Saya berharap, ada anggota DPRD bahkan walikota yang bersedia kita roasting,” tukas Bob, seraya menambahkan materi dalam stand up commedy harus original, tidak boleh menjiplak atau mengangkat istilah yang sudah pasaran.

Selanjutnya, sambung Bob, mereka juga memersiapkan acara Stand Up Night, yang akan diadakan April mendatang.

“Kita undang komika terkenal. Kami masih harus mem-fix-kan tanggal dan lokasinya,” jelas Bob yang mengaku tak lama lagi akan bertugas di luar Kota Pematangsiantar, setelah ia diterima bekerja di salah satu perusahaan.

Bob pun mengaku memiliki impian menggelar show tunggal atau paling tidak bertiga dengan tim. Rencananya, show tersebut diadakan akhir tahun 2020 ini.

“Mudah-mudahan komika di Pematangsiantar bisa terus maju dan berkembang. Kami sangat berharap ada pihak yang menyediakan wadah bagi kami untuk terus bisa berkarya,” harapnya. (awa)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close