Lifestyle

Ilham: Jangan Pernah Takut Mencoba, selalu Berpikir Positif

FaseBerita.ID – Hobi menjadi profesi. Ini yang terjadi pada Ilham (32). Warga Jalan H Ulakma Sinaga Gang Hutasuhut, Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun ini awalnya hanya hobi fotografi. Namun akhirnya, fotografer menjadi profesi yang digelutinya. Bahkan ia sempat mengikuti kegiatan Fotografer 9 Negara Asia.

“Perjalananku dulunya tinggal cerita. Awalnya, untuk membeli kamera Canon 1100 D saja, aku harus mengumpulkan uang dulu dari hasil kerjaku sebagai penjahit di Pasar Horas. Jadi intinya, aku memang start dari nol,” kenangnya, seraya menambahkan belajar fotografi secara otodidak.

Saat kali pertama memoto event, ia mencoba memberanikan diri memoto acara khitanan. Hasil fotonya saat itu, cukup bagus.

“Aku nggak pernah sekolah fotografer. Aku belajar sendiri dan sampai sekarang tetap terima job memoto,” sebutnya.

Untuk harga, sambungnya, tidak perlu khawatir. Sebab ia memberlakukan harga promo.

“Kualitas bisa dijamin,” ujarnya sambil tersenyum, dan mengatakan bisa melihat akun Instagram-nya, ilhammart1987.

“Saya tidak hanya mengambil job untuk pre wedding. Tapi juga syuting video, foto model, dan foto dokumentasi. Paling jauh, saya terima job ke Pekanbaru. Saat itu untuk acara pre wedding,” tambah Ilham.

Ilham mengaku, hobi fotografinya terinspirasi dari fotografer handal Arbain Rambey.

“Saya sangat suka hasil karyanya, sehingga menjadi inspirasi bagi saya untuk mencintai dunia fotografer. Alhamdulillah, sampai sekarang rezeki selalu berpihak hingga saya bisa membeli kamera yang lebih canggih,” jelas Ilham.

Kata Ilham, ia bekerja dalam tim yang terdiri atas 3-4 orang. Teman-teman satu timnya, tidak pernah dianggap sebagai anggota.

“Motto hidup saya, bermanfaat setelah itu mati. Artinya, semasa hidup kita harus punya manfaat buat orang-orang, misalnya berbuat kebaikan dan sebagainya. Karena kalau kita mati, otomatis tak akan ada lagi yang bisa kita perbuat kecuali pasrah,” terangnya.

Ilham ingin selalu banyak wawasan. Karena wawasan akan lebih berguna untuk kehidupan.

“Untuk kaum muda Siantar, saya lihat sekarang banyak yang kreatif. Semoga kalian tetap punya kreativitas dan mencintai hasil kreativitas masing-masing. Jangan pernah takut mencoba, karena mencoba itu tidak salah dan tetap berjuang,” katanya.

Ayah seorang anak ini, sesibuk apapun, tetap selalu memberikan perhatian kepada keluarga.

“Kalau di waktu kosong saya selalu mengajak anak dan istri refresing, makan bersama serta ngumpul-ngumpul dengan keluarga,” tambahnya. (leo)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close