Lifestyle

Ikut Senam, Buka Studio, hingga jadi Instruktur

Dari awalnya hanya ikut latihan senam, akhirnya Yuanda Meylia membuka studio atau sanggar senam. Tak cukup, perempuan yang biasa disapa Melly ini menjadi instruktur senam. Bahkan ia sudah mendapat gelar Zumba Instructor Network (ZIN).

Melly menceritakan, ia meraih gelar ZIN sekitar setahun lalu, atau Maret 2019. Sedangkan studio senam miliknya yang diberi nama AZ Studio sudah ada sejak Juni 2018.

“Pertama kali, AZ Studio di Komplek Griya, Jalan Asahan Kecamatan Siantar. Tapi hanya sekitar enam bulan di sana. Saat itu saya join dengan seorang teman,” terang ibu seorang putri ini, Aqylla Ayu Zaneta (7,5).

Nama AZ, kata alumni SMA Negeri 4 Pematangsiantar ini, merupakan inisial nama putri kesayangannya.

Dari Jalan Asahan, AZ Studio pindah ke Jalan Brigjend Radjamin Purba. Namun juga hanya sekitar enam bulan. Selanjutnya, sekitar setahun lalu pindah lagi ke Jalan Wahidin.

Lebih lanjut Melly mengatakan, ia mulai aktif mengikuti senam setelah dipaksa ibunya, Neni Wahyuni, yang melihat body Melly sudah tak ideal.

“Itu sekitar empat tahun lalu. Saat itu saya buka usaha warung sarapan di kawasan Jalan Bali,” tukas Melly yang sempat bekerja sebagai Sales Promotion Girl (SPG) salah satu merek rokok.

Melly pun mulai mengikuti senam. Namun ia berpindah-pindah tempat, hingga kemudian memutuskan membuka studio senam sendiri.

Awalnya, Melly hanya sebagai pemilik studio dan peserta latihan. Ada ZIN yang biasa melatih di tempat itu. Hingga suatu hari, ZIN tersebut pindah ke luar daerah.

“Ya sudah, saya mulai menjadi instruktur senam, dan ikut ZIN,” tambah wanita berhijab yang tinggal di Jalan Batalyon Pematangsiantar itu.

Kini, di AZ Studio, ada beberapa kelas senam. Mulai aerobic, zumba, zumba private, dan yang terbaru kick boxing.

“Ke depan saya berencana belajar kick boxing juga. Saat ini, ada instruktur khusus,” ujar Melly yang semasa sekolah aktif mengikuti olahraga bola voli.

Selain menjadi instruktur zumba, Melly pun berprofesi sebagai Make Up Artist (MUA). Biasanya saat weekend (akhir minggu), Melly menerima job MUA. Sehingga kelas senam di AZ Studio ditiadakan.

“Sabtu dan Minggu nggak ada kelas senam. Biasanya ruangan saya sewakan untuk anak-anak sekolah yang mau latihan menari. Untuk jadwal, bisa ditanyakan sama bagian administrasi AZ Studio,” jelas Melly yang mengaku perkembangan AZ Studio mulai dirasakannya di tahun kedua

“Saya juga nggak pernah menyangka AZ Studio bisa berkembang cukup cepat,” tandas Melly yang sering promosi AZ Studio dan MUA di akun Instagramnya.

“Sempat diejek lebay karena sering posting di Instagram. Tapi terbukti followers semakin banyak,” tambahnya.

Diakui Melly, sejak remaja ia memang sudah mulai tertarik di bidang make up. Namun baru fokus sebagai MUA sejak setahun lalu.

Untuk make up, lanjut Melly, memang sejak kecil ia hobi melukis. Bakat tersebut menurun dari ayahnya, Iriandi atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bang Bob. Ayahnya-lah yang kali pertama membuka usaha air brush di Kota Pematangsiantar.

“Kalau dulu, saya melukis di kertas atau kanvas. Sekarang melukis di wajah klien,” sebut Melly yang sering menjuarai beberapa lomba lukis di masa sekolah.

Untuk mendukung profesinya sebagai MUA, Melly yang sempat bercita-cita sebagai akuntan ini berkeinginan membuka salon, yang dianggap sejalan dengan usaha studio senam, yang kliennya mayoritas perempuan.

Selain itu, Melly berencana membuka lagi usaha kuliner yang sempat ditinggalkannya karena sibuk.

“Saya dulu bikin risol ayam premium dan dijual online. Ke depan, saya ingin buka outlet khusus untuk kuliner,” ujar Melly yang juga menjadi instruktur senam di beberapa instansi. (awa)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close