Lifestyle

Empat Fakta Unik Suku Mandailing

Bicara soal Suku Mandailing, ternyata ada banyak fakta unik yang menarik untuk dikulik. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya!

1. Termasuk Rumpun Budaya Batak

Suku Mandailing secara umum termasuk dalam rumpun budaya Batak. Dahulunya di Sumatera Utara hanya ada suku Batak saja yang berdiam. Tapi kemudian, sebelum abad ke-18, masuklah kaum Paderi dari Minangkabau ke Sumut, tepatnya ke daerah Natal dan Padang Lawas.

Nah, sejak itu budaya Minang dan agama Islam yang dibawa oleh kaum tersebut berbaur dengan budaya Batak setempat. Lantas kemudian menghasilkan subetnis baru, salah satunya Mandailing.

2. Pentingnya Sebuah Marga

Marga sangat penting bagi orang Batak. Termasuk bagi orang Batak Mandailing tentunya. Saking pentingnya, setiap kali berkenalan dengan orang Baru sesama Batak biasanya mereka akan menanyakan marga.

Bagi orang Batak haram hukumnya untuk menikah dengan satu marga atau silsilah. Karena itu di Batak ada tradisi Martarombo, yakni semacam obrolan yang tujuannya untuk menelusuri asal muasal marga.

3. Tuhor

Dalam hubungannya dengan pernikahan, orang Batak mengenal istilah Tuhor. Yakni semacam uang yang digunakan untuk mas kawin. Uang Tuhor nantinya akan digunakan pihak laki-laki untuk mempersunting perempuan, membeli kebaya calon mempelai perempuan, biaya pernikahan dan kebutuhan lainnya sesuai kesepakatan keluarga.

Nilai Tuhor ini bergantung pada tingkat pendidikan si perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikannya, semakin tinggi pula niai Tuhor yang harus diberikan pihak laki-laki.

4. Tak Akan Menikah Sebelum Mapan

Nah, kalau yang ini berlaku untuk Suku Batak secara keseluruhan. Ya, orang Batak dikenal dengan prinsip hidupnya yang kuat. Salah satu yang mereka pegang teguh adalah prinsip soal kemapanan hidup. Sebelum menikah, orang Batak diharuskan untuk hidup mapan dulu. Baik laki-laki ataupun perempuan. (Ann/Berbagai sumber)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button