Lifestyle

Dhany Septian Hutabarat Asah Bakat Menyanyi Berkat Dorongan Abang

FaseBerita.ID – Tubuhnya kecil, dan terkesan malu-malu saat pertama berkenalan. Namun begitu diminta menyanyi, Dhany Septian Hutabarat begitu mengesankan. Suaranya melengking dan tidak tampak grogi.

Siswa kelas 1 SMP Cinta Rakyat 2 Pematangsiantar ini sudah beberapa kali mengikuti perlombaan menyanyi. Gelar juara pun sudah diraihnya. Demi mengasah bakat menyanyinya, Dhany mengikuti kursus vocal di Joy’s Bina Vocalia, di Jalan Damar Pematangsiantar.

Bocah hitam manis ini mengaku, ia memiliki bakat menyanyi dari ayahnya, Erwin Marlon Hutabarat. Sang ayah yang bekerja sebagai Satuan Pengamanan (Satpam) itu kerap mengajak anak-anaknya menyanyi di rumah sambil memetik gitar. Namun dari enam putra-putrinya, si bungsu Dhany-lah yang terlihat paling berbakat.

Tak ingin bakat Dhani terpendam begitu saja, salah seorang abangnya, Benny Trisanjaya Hutabarat terus memberikan support kepadanya.

Awalnya, Benny yang merupakan pegawai di salah satu hotel berbintang di Pematangsiantar membuatkan akun YouTube atas nama Dhany. Dia mengisi akun tersebut dengan aktivitas Dhany sedang menyanyi.

“Nama akun-nya Dhani hutabarat siantar. Sekarang, subscriber-nya baru 600-an,” tukas Dhany yang lahir 12 September 2007 itu.

Selanjutnya, ia mendaftarkan Dhany mengikuti Mazda Idol Cilik Pematangsiantar, Juli 2019 lalu. Meski baru kali pertama mengikuti lomba, Dhany meraih juara 3 kategori remaja.

“Hadiahnya piala, piagam, uang, dan ada bingkisan,” kata Dhany yang tinggal di Perumahan Karangsari Permai Kecamatan Siantar Martoba.

Nah, di perlombaan tersebut, salah seorang juri yakni Christina Joice Panggabean, pemilik Joy’s Bina Vocalia. Rupanya sejak awal perlombaan, abang Dhany sudah berkeinginan agar adiknya mengikuti kursus les vocal dengan Joice. Sehingga, seminggu setelah perlombaan, Dhany resmi menjadi murid Joice.

“Abang-nya yang membiayai kursus Dhany di sini. Abangnya juga yang sering mengantar dan menjemput Dhany les, bergantian dengan bapaknya,” tambah Joice yang mendampingi Dhany selama wawancara.

Setelah aktif kursus vocal, Dhany mengikuti beberapa perlombaan menyanyi. Seperti Siantar Got Talent, Majestic Production, dan Safari Grup. Di tiga ajang tersebut, Dhany meraih juara harapan.

Teranyar, Dhany mengikuti audisi The Voice Kids di Medan, 16 Februari lalu. Dhany lolos, namun masih menunggu keputusan pihak penyelenggara The Voice Kids di Jakarta. Selain Dhany, dua murid Joy’s Bina Vocalia lainnya juga lolos, yaitu Cindy Arimi Roceline Malau dan Ranti Yunita Parera.

Dhany punya kenangan tersendiri saat mengikuti audisi tersebut. Ia berangkat dari Pematangsiantar ke Medan bersama abangnya. Mereka menumpang bus. Di Medan, mereka menginap di rumah abang sulung Dhany yang sudah menikah.

“Rumah abang di Padang Bulan,” ujar Dhany yang hobi sepakbola.

Keesokan harinya, Dhany dan dua abangnya naik sepedamotor menuju ke lokasi audisi di Hotel Harper Jalan KH Wahid Hasyim Medan. Pagi-pagi Dhany sudah tiba di lokasi acara.

“Jam lima pagi udah sampe hotel.  Dhany dapat nomor antrian 3. Acara baru dimulai jam sembilan. Jam 12 Dhany sudah selesai, dan pulang ke rumah Abang. Istirahat, dan jam empat balik ke Siantar,” terang Dhany yang mengikuti latihan bermain Gondang di sekolah.

Dhany pun kerap diundang menyanyi di berbagai acara di Pematangsiantar, termasuk acara Natal dan kegiatan organisasi. Juga di acara sekolah.

Sedangkan untuk melatih rasa percaya diri dan meningkatkan kemampuannya, Dhani sering diajak sang abang mengunjungi kafe yang menyediakan live music. Di sana, Dhany pun menunjukkan kebolehannya.

“Kadang, abang juga mengajak Dhany mengamen di tempat makan di kawasan Simpang Empat Siantar. Abang main gitar, Dhany menyanyi,” ujar Dhani yang mendapatkan tugas dari ibunya, Sri Rachmawati Sihombing untuk menyuci piring dan menyapu halaman rumah. (awa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button