Lifestyle

Cut Wulandari Susu Almond untuk ASI Booster jadi Peluang Usaha

Beranjak dari niatnya memberikan Air Susu Ibu (ASI) ekslusif kepada buah hati, membuat Cut Wulandari melakukan berbagai upaya. Salah satunya, mencari banyak informasi guna meningkatkan produksi ASI.

Akhirnya ia tahu susu almond sangat bagus untuk ASI booster. Tanpa perlu bersusah payah, Cut membeli susu almond kemasan di swalayan.

“Tapi rasanya kurang enak. Setelah cari-cari informasi lagi, akhirnya memutuskan untuk bikin sendiri aja,” terang ibu tiga anak ini, yaitu Thania, Bagas, dan Raja.

Cut mulai membuat susu almond untuk dikonsumsi sendiri. Kacang almond direndam selama sekitar delapan jam menggunakan air masak. Selanjutnya dihaluskan menggunakan blender, dan ditambah kurma pilihan. Sama sekali tidak menggunakan gula. Jadi, rasa manis susu berasal dari kurma.

“Susu tidak dimasak. Makanya hanya bertahan hanya sekitar lima jam. Kecuali terlebih dahulu dibekukan, bisa tahan satu Minggu,” kata alumni Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun (USI) tersebut.

Iseng-iseng, Cut memfoto susu almond buatannya dan ASI perah di akun media sosial miliknya. Ternyata banyak temannya yang tertarik dan memesan susu almond darinya.

“Teman yang memesan susu almond juga posting di media sosial dan bikin testimoni. Lama-lama semakin banyak yang pesan,” sebut Cut yang selanjutnya menyematkan nama putri sulungnya, Thania, sebagai merek susu almond buatannya.

Kini, Cut rutin membuat susu almond. Namun ia memproduksi sesuai order. Sehingga susu almond buatannya senantiasa fresh. Susu selanjutnya dikemas dalam botol khusus kemasan 250 mililiter dan 200 mililiter yang dilengkapi tutup bersegel.

Cut yang juga bekerja sebagai counter sales PT Capella Cabang Pematangsiantar mengaku setiap hari bangun sebelum masuk waktu Sholat Subuh. Ia mulai mengerjakan susu almond sebelum menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan bersiap-siap berangkat ke kantor.

Untuk pelanggan di kawasan Kota Pematangsiantar, diantar langsung tanpa ongkos kirim. Sedangkan yang lebih jauh, dikenakan ongkos kirim Rp5 ribu.

“Saya dibantu adik untuk mengantar pesanan,” ujar Cut, seraya menerangkan manfaat susu almond untuk ibu hamil, ibu menyusui, program hamil (dikonsumsi suami dan istri), menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan lainnya.

Susu almond buatan Cut terdiri atas dua rasa, yaitu Almond Kurma Milk dan Pure Almond. Saat ini, Cut sudah memiliki reseller di Tanah Jawa, Lubukpakam, Kisaran, dan Pekanbaru. Susu yang dikirim dibekukan terlebih dahulu. Lalu dikemas di stereofom bersama es batu.

“Para reseller tahu susu almond buatan saya dari media sosial. Mereka rutin memesan,” tambah Cut yang juga menyediakan kurma impor meskipun bukan di bulan Ramadan.

“Di luar Ramadan, banyak yang cari kurma. Biasanya untuk bikin sari kurma dan juga infused water,” tambah istri dari Bripka Ahmad Sopawi yang bertugas di Satuan Narkoba Polres Simalungun tersebut.

Cut berharap, suatu saat ia bisa memiliki outlet bahkan kafe yang khusus menyediakan susu almond berbagai rasa.

“Paling tidak, bisa membuka lapangan kerja juga,” tandas perempuan berhijab ini. (awa)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker