Lifestyle

Chika Rika Siblacksuite Totalitas di Panggung

FaseBerita.ID – Bagi seorang entertaint, performance atau penampilan di atas panggung harus totalitas. Termasuk pakaian, make up, tatanan rambut, aksesori, dan lainnya.

Demikian halnya dengan Chika Rika Siblacksuite. Penyanyi yang kerap tampil di event-event besar yang ada di Pematangsiantar ini mengaku, penampilannya saat di panggung menjadi prioritas.

Pemilik nama asli Rika Julnita ini sudah mulai naik panggung sejak tahun 2002. Saat itu, ia masih duduk di kelas 1 SMP.

“Tampilnya di acara pesta keluarga,” sebut ibu seorang putri ini, yang sempat menjadi peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di masa kecilnya.

Menurut Rika, sebenarnya dia bisa menyanyi untuk semua genre musik. Hanya saja, ia lebih dikenal sebagai penyanyi spesialisasi lagu-lagu dangdut.

“Rika bisa (nyanyi) pop, lagu-lagu Batak, Barat, bahkan lagu Mandarin. Lebih dikenal untuk menyanyi lagu dangdut, mungkin Rika dianggap pas cengkok-nya,” tukas pemilik rambut panjang ini.

Khusus untuk lagu Mandarin, Rika biasanya mencari liriknya terlebih dahulu. Kemudian, dengan bantuan aplikasi di internet, Rika bisa menerjemahkan liriknya ke dalam bahasa Indonesia.

“Kalau paham liriknya, tentunya bisa menghayati saat menyanyikannya,” sebut anak kedelapan dari 10 bersaudara ini.

Diakui Rika, menjadi penyanyi yang lebih dikenal untuk genre musik dangdut, tentunya ada saja yang memandang negatif. Namun, Rika selalu berusaha profesional.

“Itulah dukanya menjadi penyanyi. Malah ada saja yang menganggap murahan. Tapi, Rika profesional saja. Yang pasti, keluarga yakin dan percaya dengan Rika,” ujarnya.

Jika ada duka, tentunya ada suka dari profesinya sebagai penyanyi.

“Ya, banyak pengalaman, menambah relasi dan juga teman baru,” kata alumni SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar ini.

Sebagai penyanyi, Rika juga beberapa kali mengikuti lomba. Gelar juara pun selalu diraihnya.

“Kadang juara 1, kadang 2, pernah juga 3. Nanti juara 1 lagi, ya ganti-ganti,” terang cewek yang juga mahir bermain alat musik Batak, Tagading ini.

Sejumlah event yang Rika diajak sebagai pengisi acara antara lain, Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pematangsiantar, Imlek Fair, dan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Medan. Di PRSU, tambahnya, Rika membawakan lagu-lagu daerah sesuai etnis yang ada di Pematangsiantar.

“Sering juga nyanyi ke luar kota, seperti Balige, Samosir, Medan, Pekanbaru, dan luar negeri yakni Malaysia. Tahun 2017 Rika kali pertama nyanyi di Malaysia, di acara wedding. Inshaallah, bulan depan Rika nyanyi di Malaysia lagi,” terang Rika, yang tidak ada pantangan dalam mengonsumsi makanan ini.

Untuk makanan, Rika mengaku, mengonsumsi sekadarnya, termasuk gorengan.

“Tapi kalau minum, harus air hangat. Rika juga rajin minum smoothy untuk menjaga kebugaran tubuh. Juga senam Zumba atau aerobik, dan sesekali berenang,” tandas Rika yang beberapa waktu lalu menjadi juri di acara lomba menyanyi.

Untuk penampilan di panggung, Rika selalu menggunakan wordrobe milik pribadi. Bahkan, untuk make up pun dilakukan sendiri. Namun, jika ada event yang dinilai cukup besar,  barulah Rika menggunakan jasa make up artist (MUA) yang ada di Pematangsiantar.

“Sendiri aja. Rika kan suka belanja online. Jadi huntinghunting gaun, sekalian aksesori-nya. Rika senang belanja-belanja memnag untuk menunjang perform Rika di panggung,” tutur wanita yang mencuci dan merawat sendiri baju-baju panggungnya.

Masih kata Rika, sebagai penyanyi, dirinya harus update lagu-lagu terbaru. Caranya, dari media sosial, teman, dan juga customer. Saat membicarakan job menyanyi dengan customer, lanjutnya, ada saja yang berpesan agar Rika membawakan lagu tertentu. Jika Rika belum mengetahui, biasanya customer yang memberikan catatan. Barulah Rika berlatih dan menghapal lagu tersebut.

Untuk menghapal lagu baru, Rika tidak butuh waktu yang lama.

“Mungkin karena dunianya memang di situ, jadi nggak terlalu sulit menghapal lagu. Meski begitu, Rika selalu terus dan terus belajar, serta tidak cepat berpuas diri,” sebutnya, seraya menambahkan ingin terus berkarya dan masuk dapur rekaman.

Lantas, kapan ada waktu untuk keluarga?

“Saat off atau tidak ada job. Rika selalu luangkan waktu untuk anak. Kami biasanya jalan-jalan, hunting kuliner, dan lainnya,” jelas Rika, yang dari profesinya sebagai penyanyi bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. (awa)

iklan usi