Lifestyle

Busana Putri Diana Jadi Perhatian Sepanjang Masa

MASIH ingat Putri Diana yang selalu dipuji banyak orang? Wanita yang paling banyak difoto di dunia dan selalu mencuri perhatian dengan baju-baju atau busana yang dikenakannya. Meski sudah 20 tahun meninggal, namun selera fashion Putri Diana selalu dipuji dan menjadi perhatian sepanjang masa.

Seorang kurator arsip Getty Images Hulton, Melanie Hough, memilih beberapa busana ikonis dari putri kerajaan paling terkenal itu.

Baju-baju ini dipilih karena menurut Hough dapat mengungkapkan selera Diana terhadap fashion yang sangat baik dan sesuai dengan karakternya. Ini di antaranya.

Bangkok, Thailand, 1988

Meski saat itu cuaca panas, namuan Putri Diana tetap terlihat anggun dalam pakaian yang memiliki selera fashion tinggi. Pakaian ini seakan menyatukan unsur modern saat itu dengan nuansa tempo dulu.

“Kombinasi klasik dan kontemporer yang dipakai Diana ini menjadi warisan dalam gaya para bangsawan masa kini,” kata Hough.

Festival Film Cannes, 1987

“Citra Diana dan Charles di Festival Film Cannes ini merupakan bagai cerita dongeng kerajaan abad ke-20 kerajaan. Dengan kerumunan orang berkumpul di bawah sinar matahari, Pangeran dan Putri terlihat sangat glamor dan tenang. Charles Terlihat seperti James Bond, sementara Diana berjalan anggun ke arah kamera dengan gaun sifon Catherine Walker,” Hough menjelaskan.

Gedung Putih, 1985

Menghadiri acara makan malam negara di Gedung Putih, Putri Diana mengenakan gaun paling elegan, yang terkenal hingga saat ini, rancangan Victor Edelstein. Gaun berwarna hitam tersebut hanya satu kali lagi dipakai oleh sang Putri, yaitu saat melakukan sesi foto terakhirnya di tahun 1997.

New York, 1997

Di tahun terakhir hidupnya ini, selera Diana terhadap fashion semakin ‘berani’. Menghadiri sebuah pesat di New York, ibu dua anak ini mengenakan gaun rancangan Catherine Walker yang pendek dan berani. Gaun ini mencerminkan kepercayaan diri yang baru ditemukannya, di samping image dirinya sebagai ‘putri rakyat’.

Hong Kong, 1989

Saat tur kerajaan, Putri Diana mengenakan gaun strapless sutra putih yang bertatahkan permata mutiara dan manik-manik, dengan jaket bolero yang serasi.
Busana yang disebut ‘pakaian Elvis’ ini juga pernah dipakai Diana di British Fashion Awards.

“Pakaian ini cocok untuk red carpet karena terlihat sangat baik saat terkena flash light,” ujar Hough. (int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button