Lifestyle

Budidaya Ikan Cupang Mulai Ramai Diminati di Kisaran

KISARAN, FaseBerita.ID– Di tengah pandemi, ikan cupang sedang naik daun. Penggemarnya pun ada dimana-mana, mensasar semua kalangan usia. Beberapa bulan terakhir sejak corona melanda, trend memelihara ikan hias ini menjadi cendawan yang tetiba mekar di husim hujan. Jadi hobi baru yang banyak digeluti semua kalangan.

Tak terkecuali Rezky Parulian Siregar. Ketertarikannya memelihara ikan hias sejak kecil membuat ia berinisiatif mengintip hingga mencoba peluang usaha pembiakan ikan cupang. Pria 32 tahun yang juga merupakan Ketua Karang Taruna Kecamatan Kisaran Timur ini lantas memberdayakan anak- anak muda di sekitarnya untuk menekuni usaha baru mereka, memanfaatkan trend ikan cupang yang sedang sedang ‘di atas angin’.

Maka, jadilah kelompok anak muda yang sebelumnya berhimpun di Karang Taruna Kecamatan Kisaran Timur ini membuat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang mereka namakan Corona Cupang.

“Alhamdulillah, tangal 2 Oktober kemarin KUBE kami ini baru diresmikan oleh Kepala Dinas Sosial bersama dengan pengurus Karang Taruna Kabupaten,” kata Rizky kepada wartawan, di lokasi pembiakan cupang mereka pada sebuah rumah di Jalan Prof H.M Yamin Kelurahan Kedai Ledang, Kecamatan Kisaran Timur, Sabtu (17/10).

Karena tak membutuhkan modal yang terlalu banyak, Rizky mengaku, belajar pembiakan ikan cupang dibantu rekan rekannya secara otodidak. Selain pembiakan, mereka juga tengah mengembangkan pembiakan pakan ikan seperti kutu air dan caing sutera.

Rizky bercerita modal awal ia terpikir untuk pembiakan ikan cupang berawal dari pemberian seekor indukan cupang dari temannya. Tak lama, seorang teman yang lain juga memberikan idukan ikan cupang. Mulai tertarik terhadap aktivitas cupang, risky iseng mencoba mengkawinkan dua ekor pemberian temannya itu bermodalkan belajar dari internet dan youtube.

“Setelah kita coba-coba rupanya banyak kawan-kawan yang mendukung. Jadi saya pikir kenapa ini gak dijadikan peluang usaha saja,” tandas ayah satu anak ini.

Ia pun berkolaborasi bersama dengan pengurus Karang Taruna, untuk membuat KUBE dan mulai mengembangkan pembiakan ikan cupang. Meski baru mulai merintis, Rizky mengakui optimis usaha yang mereka lakukan ini memiliki prospek yang lumayan jika ditekuni.

Selain pembiakan ikan cupang, KUBE yang mereka dirikan tersebut juga bergerak dibidang penjualan alat tulis kantor (ATK). Letaknya yang tak jauh dari kampus STMIK Royal Kisaran, membuat ia yakin usahanya itu bisa berkembang meski kondisi pandemi corona masih mewabah.

“Di dalam KUBE ini, kita berupaya memberdayakan potensi anak muda sekitar untuk lebih produktif salah satunya lewat usaha pembudidayaan ikan cupang. Karena ide dan usaha ini didirikan secara kebetulan di tengah pandemi, makanya kita kasi nama Corona Cupang,” ujarnya sembari tertawa.(per/fi)





Back to top button