Lifestyle

Berikut Ini 3 Manfaat Buah Semangka

FaseBerita.ID – Buah semangka mengandung banyak cairan, rasanya manis dan menggugah selera, mudah ditemui, serta relatif murah. Semangka juga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Ini karena buah tersebut kaya akan kandungan:

1. Vitamin A
Satu buah semangka seberat 280 gram menyediakan 31% jumlah harian vitamin A yang direkomendasikan. Ini tentu mendukung fungsi penglihatan dan membantu memelihara kesehatan jantung, ginjal, dan paru-paru.

2. Vitamin C
Semangka berukuran 280 gram mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Satu porsi semangka menyediakan 37% dari vitamin C harian yang rekomendasikan.

Vitamin C telah terbukti berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung, membantu dalam mencegah kanker, dan membantu melawan gejala flu biasa.

3. Serat Semangka kaya akan serat, yang dapat membantu tubuh mengeluarkan racun, juga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, kandungan serat dan cairan di dalam semangka juga bisa mengekang keinginan Anda untuk makan berlebih. Selain manfaat tersebut, semangka juga merupakan obat terbaik untuk mengurangi keluhan nyeri otot.

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, konsumsi sari citruline yang diambil dari buah semangka terbukti mampu mengurangi keluhan nyeri otot hingga 40% setelah melakukan olahraga intens.

Semangka sejatinya menyimpan segudang manfaat kesehatan. Bagi penderita diabetes, Anda tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi buah yang satu ini.
Selama dikonsumsi pada porsi sedikit atau tidak berlebihan, niscaya yang akan dirasakan adalah manfaat sehatnya.

Jika ragu dan ingin mengetahui porsi semangka yang aman untuk penderita diabetes, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter atau ahli gizi.(Int/NB/ RVS/klikdokter)

iklan usi



Back to top button