Lifestyle

Benarkah Jus Nanas Turunkan Kolesterol Tinggi?

KOLESTEROL tinggi atau disebut dislipidemia merupakan kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebagian kalangan masyarakat percaya bahwa sering minum jus nanas bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Anggapan tersebut bisa jadi didasari fakta bahwa buah nanas – baik disajikan sebagai buah potong atau dibuat jus – memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, bagaimana pendapat medis bahwa nanas memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol tinggi?

Menurut dr Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, nanas memang merupakan salah satu buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. Ini karena nanas mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan ekskresi empedu yang berdampak pada berkurangnya siklus enterohepatik.

“Berkurangnya siklus enterohepatik akan buat kolesterol yang larut dalam empedu banyak dibuang dan jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh jadi jauh lebih berkurang,” kata dr Iqbal.

Selain kaya serat, nanas juga mengandung vitamin C dan bromelain. Kedua zat tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

“Vitamin C dan bromelain itu gunanya menurunkan peradangan yang ada di dalam tubuh, dan mengurangi plak atau lemak yang menempel pada darah manusia. Sehingga, jika lemak yang menempel itu berkurang, maka kadar kolesterol dalam tubuh juga secara otomatis bakal menurun,” imbuhnya.

Jadi tidak hanya makan buah nanas potong, minum jus nanas juga bisa turunkan kolesterol tinggi. Meski buah ini karya serat dan vitamin, namun jangan mengonsumsinya berlebihan ya.

Agar penurunan kolesterol menjadi lebih efektif, kombinasikan juga dengan melakukan gaya hidup sehat lainnya seperti olahraga secara teratur, cukup tidur, hindari rokok maupun alkohol, serta kelola stres dengan baik. (NB/ RVS/klikdokter)

iklan usi



Back to top button