Lifestyle

Bantu Kekurangan Darah, Komunitas SARL Donor Darah Bersama

SIANTAR, FaseBerita.ID-Komunitas Siantar Air Rifle Lovers (SARL) melaksanakan donor darah bersama di Jalan Dahlia Pematangsiantar, tepatnya di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Siantar, Sabtu (16/5).

Pembina SARL Embun Riadi didampingi Ketua SARL Yoga Purba dan Sekretaris Marthin Saragih mengatakan, aksi donor darah ini dilakukan mengingat kondisi stok darah di PMI Kota Siantar menipis dan bahkan kekurangan. Penyebabnya akibat menurunnnya jumlah masyarakat yang melakukan donor saat di saat pandemi covid-19 ini.

“Dengan aksi ini kami juga mengajak seluruh masyarakat yang memenuhi secara kesehatan untuk mendonorkan darahnya melalui PMI. Kita akui saat pandemi sekarang, masyarakat memiliki keterbatasan dalam beraktifitas. Namun dalam pelaksanaannya harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” kata Yoga Purba.

Dijelaskan Yoga, pihaknya mengundang seluruh anggota dan masyarakat yang tergerak hatinya untuk melakukan donor darah. Pendonor dijamin tetap aman, karena sebelum mendonor tetap dilaksanakaan pemeriksaan kesehatan.

Sementara Kepala PMI Cabang Siantar dr Rajin Saragih diidampingi Kepala Unit Donor Darah dr Abadi Sinaga mengatakan, stok darah di PMI Siantar akhir-akhir ini menipis dan bahkan kadang kosong. Kondisi pandemi covid-19 menjadi penyebab utama, banyak masyarakat yang selama ini rutin mendonorkan darah menjadi enggan. PMI saat ini banyak dibantu TNI dan Polri yang masih tetap melakukan donor secara rutin.

“Kami sampaikan terimakasih kepada komunitas Siantar Air Rifle Lovers yang tetap peduli dengan ketersediaan darah di PMI Siantar. Kita tetap berharap seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendonor agar tetap melakukan donor. Kuncinya tetap jaga kebugaran tubuh, banyak olahraga dan makan makanan bergizi yang cukup,” kata dr Abadi Sinaga.

Dijelaskan dr Abadi, PMI saat pandemi tetap melayani donor darah secara berkelompok dengan tetap mengikuti protokol kesehatan standar covid-19 yakni menjaga jarak dan memakai masker.(fi)