Lifestyle

Baca Buku Terbukti Turunkan Stres

FaseBerita.ID – Tidak banyak orang yang terbiasa membaca buku dan menikmati waktunya membaca buku di rumah. Membaca buku memang kebiasaan yang harus diterapkan sejak dini, karena bukan hanya bisa menjadi bekal di masa depan untuk menemukan lebih banyak pengetahuan, sering membaca buku ternyata juga ampuh melepaskan stres.

Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa membaca buku lebih baik daripada jalan-jalan ke tempat pariwisata. Penelitian yang dilakukan di University of Sussex tahun 2009 menyebutkan bahwa membaca buku entah itu koran, majalah atau novel lebih baik dan lebih cepat melepaskan stres daripada mendengarkan musik, pergi jalan-jalan atau minum secangkir teh/kopi untuk relaksasi.

Peneliti Dr. David Lewis menjelaskan, ketika kamu duduk dan tengelam dalam imajinasi dan bentuk pikiranmu sendiri saat membaca buku, hanya butuh 6 menit untuk melupakan masalah dan kekhawatiran yang kamu rasakan.

Dibandingkan bentuk relaksasi lain seperti jalan-jalan, minum teh, main game dan mendengar musik, membaca buku bisa menurunkan tingkat stres lebih tinggi hingga sebesar 68%. Sedangkan mendengarkan musik mengurangi levelnya hingga 61%, minum secangkir teh atau kopi menurunkannya hingga 54% dan berjalan-jalan sebesar 42%.

Ia menemukan bahwa subjek hanya perlu membaca dengan tenang dan diam selama enam menit untuk memperlambat detak jantung dan meredakan ketegangan otot.

Bukankah ini bisa jadi cara relaksasi paling tepat selama masa pandemi? Yuk lebih banyak membaca! (fim/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button