Lifestyle

Ayo Bersihkan Paru-paru dengan Rebusan Jahe

Menyandang status sebagai salah satu kota dengan polusi udara terburuk di dunia. Ancaman polusi udara dari kendaraan, industri, hingga asap rokok, bisa membuat paru-paru terpapar asap setiap hari.

Rebusan jahe dan bahan-bahan herbal lain bisa menjadi detoks bagi paru-paru yang tercemar polusi. Berdasarkan pemantauan AirVisual, polusi udara Jakarta sekarang ini adalah yang terparah di dunia yang berada pada peringkat 11 dengan tingkat polusi 42,01 ug/m3. Polusi udara bisa meningkatkan risiko penyakit pernapasan, asma, penyakit paru obstruktif kronis dan banyak lagi.

Dilansir dari NDTV, pakar kesehatan dan gaya hidup Luke Coutinho mempunyai tips untuk mengalahkan efek buruk dari polusi udara. Salah satunya dengan minum rebusan herbal yang dapat memberikan detoksifikasi yang sangat dibutuhkan paru-paru.

Cukup dengan mencampur rebusan dengan jahe, kayu manis, bawang putih, jintan, kapulada, oregano dan lada bisa menjadi ramuan ajaib untuk membersihkan paru-paru dan menyehatkan tubuh. Seseorang yang mengalami masalah pernapasan akibat polusi seperti batuk, radang, dan iritasi bisa terbantu dengan minuman ini.

Cara membuatnya yakni dengan menyiapkan 1 ruas jahe, 1 batang kayu manis, daun tulsi segar, 1 sendok teh daun oregano kering, lada, 2 ruas kapulaga, 1/4 sendok teh biji adas, dan jintan. Terakhir, tambahkan 2 siung bawang putih yang dihaluskan.

Semua bahan bisa direbus dengan 2 gelas air selama 10 menit dan disajikan hangat. Jika ada rasa atau aroma yang terlalu menyengat, menambahkan madu atau gula merah untuk mempermanis rasa bisa jadi pilihan.

Teh ini bisa menjadi obat rumahan yang efektif bagi mereka yang mengalami  batuk, bersin-bersin atau gangguan pernapasan lain karena polusi udara. Bahan-bahan seperti kapulaga, kayu manis, jahe, lada dan tulsi dalam air hangat bisa meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Ramuan herbal ini bisa diseimbangkan dengan mengonsumsi makanan sehat seimbang dan berolahraga. Latihan pernapasan juga penting untuk memberikan oksigen bagi paru-paru. (jp)