Lifestyle

9 Penyebab Kencing jadi Lebih Bau Pesing

FaseBerita.ID – Sudah sewajarnya ketika air kencing yang kita keluarkan memiliki bau tak sedap. Walau begitu, pada kondisi tertentu, bisa saja bau tak sedap yang muncul pada air kencing ini lebih pesing dibanding biasanya.

Munculnya bau tak sedap dari kencing ini tentu saja bisa sangat tak nyaman. Terutama ketika bau tak sedap ini muncul pada saat kamu buang air di toilet umum.

Sejumlah hal bisa menjadi penyebab munculnya bau pesing ketika kencing ini. Walau pada beberapa kasus hal ini tak berbahaya, namun ada juga masalah kesehatan yang bisa cukup serius.

Sejumlah masalah kesehatan bisa berhubungan dengan terjadinya gangguan ini. Dilansir dari Health, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan kencing berbau lebih pesing dibanding biasanya.

Dehidrasi

Kurang konsumsi air putih yang berujung dehidrasi merupakan penyebab utama dari kencing berbau tak sedap.

“Ketika kamu dehidrasi, urine memiliki air lebih sedikit dibanding limbah, sehingga menyebabkan urine berbau tak sedap,” terang Sonia Dutta, MD, dari NorthShore University HealthSystem, Illinois.

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami dehidrasi atau tidak, kamu bisa memeriksa warna air kencing. Semakin gelap dan keruh warna air kencing, artinya semakin berat dehidrasi yang kamu alami.

Konsumsi Makanan Tertentu

Sejumlah makanan tertentu bisa menjadi penyebab munculnya kondisi pesing pad air kencing. Walau begitu, setiap orang mencerna makanan dengan berbeda sehingga tidak semua makanan bisa berdampak sama pada orang yang berbeda.

Makanan seperti asparagus, bawang putih, bawang merah, serta makanan lainnya bisa menyebabkan terjadinya hal ini. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi ini.

Konsumsi Kopi

Konsumsi kopi yang kamu lakukan bisa menjadi penyebab munculnya bau tak sedap saat buang air kecil. Kandungan dari kopi bisa menyebabkan bau tak sedap pada air kencing.

Selain itu, kopi juga memiliki sifat diuretik yang membuatmu lebih banyak buang air sehingga kamu lebih banyak buang air. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi sehingga memunculkan bau kencing yang tak sedap.

Penyakit yang Bisa Menyebabkan Air Kencing menjadi Pesing

Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing (ISK) bisa terjadi ketika munculnya bakteri pada kandung kemih. Kandungan bakteri di dalam kandung kemih ini selanjutnya membuat kencing berbau tak sedap.

Keberadaan bakteri ini juga membuatmu buang air lebih sering. Selain itu, ketika mengalami masalah ini, terdapat masalah lain yang muncul seperti rasa panas ketika buang air serta air kencing yang keruh dan kerap disertai darah.

Infeksi Jamur

Jamur merupakan mikroorganusme yang hidup secara alami di dalam tubuh. Ketika jamur ini tumbuh di luar kendali, hal ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

Infeksi jamur ini bisa muncul pada vagina yang cukup dekat dengan urethra. Sama seperti ISK, infeksi jamur biasaya disertai dengan gejala lain seperti rasa gatal, kemerahan, pembengkakan pada vulva dan vagina, serta keluarnya cairan putih kental.

Penyakit Menular Seksual

Sejumlah penyakit menular seksual bisa menyebabkan peradangan pada urethra. Sejumlah hal yang menyebabkan peradangan dan iritasi bisa berhubungan dengan bakteri yang kemudian menyebabkan perubahan aroma air kencing.

Penyakit menular seksual seperti klamidia, trikomoniasis, serta gonorea bisa menyebabkan peradangan ini. Hal ini selanjutnya menyebabkan munculnya bau tak sedap pada saat buang air kecil.

Masalah Kesehatan Lainnya

Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan masalah yang terjadi ketika garam dan mineral lain di ginjal berkumpul dan membentuk serupa batu. Kondisi ini bisa sangat mengganggu serta menyakitkan.

Batu ginjal juga bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang berujung infeksi dan bahkan pendarahan. Kondisi ini bisa menyebabkan perubahan pada aroma kencing.

Diabetes

Seseorang yang tidak menyadari saat mengalami diabetes kerang memiliki urine yang bercampur denga gula. Hal ini terjadi karena mereka tak dapat memperoses gula dengan baik seperti orang lain.

Kondisi yang terjadi pada air kencing ini menyebabkan munculnya aroma manis yang berbeda. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Konsumsi Suplemen Vitamin

Konsumsi suplemen vitamin juga bisa menjadi penyebab perubahan aroma air kencing ini. Hal ini kerap kali terlewa disadari seseorang.

Sejumlah suplemen vitamin tertentu bisa menjadi penyebab terjadinya hal ini. Jika hal ini terjadi, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini hanya mengeluarkan kandungan vitamin berlebih dari tubuhmu. (merdeka/fi)

iklan usi



Back to top button