Lifestyle

7 Cara Mudah Hilangkan Rasa Cemas

Merasa gugup atau cemas sesekali itu normal. Namun jika kecemasan tersebut mulai berlebihan hingga sulit konsentrasi, adakah cara cepat dan mudah untuk menghilangkannya?

Ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi tingkat kecemasan seseorang. Misalnya menumpuknya pekerjaan dan urusan di rumah, urusan percintaan, dan lain sebagainya. Orang-orang yang sering merasa cemas akan merasa gelisah setiap saat, mudah sakit kepala, jantung berdebar, hingga sulit bernapas.

“Sering merasa cemas karena berbagai macam urusan memang sangat wajar dialami oleh banyak orang. Meski begitu, rasa cemas tak boleh dibiarkan, karena bisa berdampak pada kondisi psikis dan menyebabkan depresi,” kata dr. Arina Heidyana dari KlikDokter.

“Jika sudah menemukan tanda-tanda kecemasan seperti sering merasa gelisah dan mudah sakit kepala, sebaiknya segera tangani agar tidak sampai terjadi depresi,” tambahnya.

Apabila Anda sering diserang rasa cemas dan sampai memengaruhi produktivitas, coba lakukan hal-hal ini:

1. Olahraga
Tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan fisik, olahraga juga telah terbukti bisa meningkatkan kesehatan mental. Salah satunya adalah meredakan kecemasan.

Dijelaskan oleh dr. Arina, ketika Anda olahraga, maka akan ada pelepasan hormon bahagia dalam tubuh, sehingga menciptakan rasa senang dan relaks setelahnya.

2. Minum air putih yang cukup
Tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari, minum air putih juga dapat menurunkan rasa cemas kerap Anda rasakan. Jika rasa cemas sudah mulai merasuki, minumlah segelas air putih dingin.

3. Meditasi
Selain olahraga, meditasi juga bisa membantu meningkatkan ketenangan dan menurunkan kadar stres. Ada banyak jenis meditasi yang bisa Anda lakukan, misalnya saja yoga.

Ambil waktu sekitar 20-30 menit sebelum tidur untuk berdiam diri melakukan meditasi. Duduk di ruangan yang sunyi sambil memejamkan mata, tambahkan juga dengan musik yang menunjang untuk menenangkan pikiran, seperti musik klasik atau white noise seperti suara-suara alam.

4. Lakukan juga relaksasi
Salah satu respons terhadap kecemasan adalah otot tegang dan rahang kencang. Jika ini terjadi, cobalah untuk relaksasi.

Anda bisa berbaring dalam posisi yang nyaman supaya otot-otot menjadi relaks. Lemaskan otot tubuh mulai dari jari kaki, lalu naik ke bahu, hingga rahang. Saat melakukannya, Anda juga bisa melakukan teknik pernapasan dalam.

5. Bersih-bersih rumah
Apabila rasa cemas dialami di rumah, dr. Sara Elise Wijono, M.Res, dari KlikDokter, menyarankan Anda untuk bersih-bersih rumah. Bisa saja sumber kecemasan Anda berasal dari kondisi rumah yang berantakan!

“Saat sibuk bersih-bersih rumah, Anda mungkin akan melakukan aktivitas layaknya olahraga. Akhirnya, tubuh akan mengeluarkan endorfin yang membuat pikiran lebih bahagia dan bebas dan kecemasan,” terang dr. Sara.

Selain itu, membersihkan rumah juga bisa menjadi sarana meditasi dan bersyukur.

Tujuh cara mudah dan cepat untuk menghilangkan rasa cemas di atas layak untuk Anda coba jika mengalami serangan rasa cemas. Jika cemas yang Anda rasakan sudah menurunkan kualitas hidup Anda, sebaiknya kunjungi psikiater atau psikolog untuk konsultasi lebih lanjut.

Bisa jadi Anda mengalami gangguan kecemasan umum atau gangguan psikis lainnya. (RN/klikdokter/jpnn)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker