Lifestyle

6 Manfaat Minum Rebusan Daun Brotowali jadi Obat

Tanaman obat atau herbal sudah dikenal dan dipercaya masyarakat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah daun brotowali atau bratawali. Bentuknya unik seperti hati berwarna hijau.

Rempah-rempah itu dalam bahasa Inggris disebut Giloy. Dalam bahasa latin disebut dengan Tinospora Cordifolia.
Karena sifat obatnya yang melimpah, brotowali punya banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, manfaatnya juga telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration). Tapi ingat, rasanya sangat pahit.

Dilansir dari Pink Villa, Kamis (12/12), daun brotowali bisa direbus, dijadikan jus, atau bahkan tersedia dalam bentuk bubut atau tablet di pasaran. Brotowali baik diminum rutin untuk manfaat kesehatan, antara lain:

1. Baik untuk pencernaan
Obat ini mengobati masalah usus. Jika Anda menderita gangguan pencernaan, maka ambil ½ sendok teh bubuk daun brotowali dengan gula Jawa untuk mengobati sembelit.

2. Baik untuk pasien diabetes
Brotowali diyakini bisa menstabilkan kadar gula darah. Untuk meminumnya, pasien diabetes disarankan meminta saran dokter terlebih dahulu.

3. Mengatasi Stres
Brotowali membantu mengurangi stres mental dan juga kecemasan. Kandungannya membantu menyingkirkan racun, meningkatkan memori, menenangkan dan sangat bagus untuk kesehatan.

4. Meningkatkan kesehatan mata
Tanaman brotowali membantu meningkatkan kejernihan penglihatan. Namun konsultasikan dulu dengan dokter.

5. Melawan tanda-tanda penuaan
Daun brotowalu mengandung sifat anti-penuaan yang membantu mengurangi bintik-bintik hitam, jerawat, garis-garis halus dan kerutan.

6. Meningkatkan imunitas
Daun brotowali dikemas dengan antioksidan yang memerangi radikal bebas, menjaga sel-sel tetap sehat. Brotowali membantu menghilangkan racun, membersihkan darah, melawan bakteri dan juga memerangi penyakit hati dan infeksi saluran kemih. (jp)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker