Lifestyle

6 Cara Mudah Kendalikan Berat Badan Selama Musim Liburan

Musim liburan natal dan tahun baru sering kali memunculkan masalah berat badan. Terlalu bahagia, lupa dengan urusan kerjaan, liburan, hingga wisata kuliner membuat berat badan akan bertambah tanpa disadari.

Paling minimal, berat badan seseorang akan bertambah satu kilo selama sepekan terakhir selama liburan. Angka itu mungkin masih bisa ditoleransi, asal jangan sampai lebih.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari Pop Sugar, Selasa (24/12), beberapa langkah berikut ini bisa menjadi tips untuk mencegah berat badan selama libur akhir tahun.

1. Tetap Luangkan Waktu untuk Olahraga
Tetap gunakan waktu liburan untuk lebih banyak berolahraga. Coba gunakan hari libur dengan olahraga yang disukai seperti berenang, bermain tenis, bersepeda, atau berlari.

2. Tetap Cek Timbangan
Jaga berat badan tetap stabil dengan rutin menimbang setiap hari selama liburan. Lakukanlah di pagi hari. Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa kontrol timbangan sering membantu para pelaku diet tetap pada jalurnya dan dapat membuat kamu termotivasi.

Sebuah penelitian dari Duke University melaporkan bahwa seseorang yang kelebihan berat badan yang menimbang diri mereka setiap hari, bisa menurunkan berat badan selama seminggu.

3. Ubah Resep Favorit
Buatlah resep liburan dengan resep yang lebih sehat. Gunakan tepung gandum atau almond dalam makanan yang dipanggang. Lalu ganti gula sebanyak sepertiga. Kurangi minyak atau mentega sampai setengah. Ganti gula dengan madu atau saus apel.

4. Bikin Mocktail
Membuat minuman kreasi sendiri. Hindari alkohol selama liburan. Sebab alkohol akan meningkatkan berat badan dengan cepat. Buatlah mocktail sesekali dengan air soda bebas kalori dan buah serta bahan herbal. Minuman itu lebih sehat.

5. Tetap Sarapan Seimbang
Jangan pernah melewatkan sarapan, sebab itu bisa menahan godaan makan berlebih saat pesta. Sarapan dengan jumlah protein dan serat yang optimal dapat membantu mencegah rasa lapar dan mengemil sepanjang hari. Beberapa sarapan terbaik seperti telur rebus dan roti gandum serta alpukat. Lalu yoghurt dengan buah segar atau beku. Atau pancake dengan yogurt dan sedikit madu.

6. Istirahat Cukup
Disiplin tidur delapan jam setiap malam. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memicu hormon lapar dan mengemil. Satu penelitian melaporkan bahwa perempuan yang kurang tidur bisa makan 329 kalori lebih banyak, dibandingkan dengan ketika mereka tidur normal. Meski terlalu banyak agenda selama perjalanan liburan, tetap utamakan tidur yang cukup ya! (jpc/int)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close