Lifestyle

5 Jus Daun Ini Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk menangkal virus corona, penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar tetap sehat ada lima jus daun alami yang punya banyak khasiat.

Menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas merupakan kunci yang paling penting dalam menangkal virus corona yang sudah masuk ke Indonesia.

Bahkan menurut Terawan cara yang paling bagus di dunia untuk menghindari virus corona bukan lah menggunakan masker, melainkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Untuk itu Terawan menyarankan agar semua orang mulai mengonsumsi makanan sehat dan vitamin.

Di Indonesia ada beberapa daun yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Salah satunya ada daun pare hingga daun kelor.

Sebaiknya racik dedaunan dan sebagai jus. Untuk kurangi rasa pahit dan aroma kurang enak bisa dicampur dengan air jeruk peras atau air jeruk nipis atau lemon.

Daun Pare

Daun pare mungkin tidak terlalu populer seperti pare yang diaplikasikan ke dalam banyak masakan. Tapi siapa sangka daun pare sejak dulu sudah menjadi minuman kesehatan tradisional yang menyimpan berbagai manfaat kesehatan.

Tanaman yang sering digunakan sebagai ramuan obat ini dapat melancarkan siklus haid pada perempuan, sekaligus mengurangi rasa sakit saat haid. Kemudian bisa membantu mengobati sembelit, peradangan usus, demam, hingga melancarkan ASI.

Daun pare juga bisa membantu meningkatkan serta menjaga sistem imun. Daun pare mengandung Vitamin E sekaligus antioksidan yang membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Daun Kelor

Daun kelor disebut memiliki vitamin C yang jauh lebih melimpah dibandingkan buah jeruk. Ternyata manfaat kesehatannya juga banyak salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daun kelor memiliki protein yang paling tinggi diantara lainnya sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari bakteri hingga virus yang menyebar.

Jus daun kelor ini bisa jadi alternatif minuman di pagi hari untuk menggantikan teh atau kopi. Meski rasa daun kelor sedikit pahit tapi minuman ini ampuh untuk menangkal virus yang akan menyerang tubuh.

Daun Seledri

Bisa dibilang jus daun seledri terbilang populer di kalangan penggemar makanan sehat. Jus ini memiliki banyak khasiat untuk menopang kesehatan tubuh. Daun seledri kaya akan vitamin A, kalium, mineral, dan tentunya zat besi.

Namun yang paling penting jus seledri bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena ada kandungan vitamin C di dalamnya. Tentunya dengan sistem kekebalan tubuh terjaga, tubuh akan terasa lebih segar dan terhindar dari berbagai virus.

Poin plus lainnya adalah jus ini bisa membantu menurunkan berat badan. Secara alami jus seledri bisa digunakan sebagai minuman untuk detoks atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Daun Katuk

Jus daun katuk sejak dulu terkenal dapat membantu melancarkan ASI untuk ibu yang menyusui. Tapi ternyata manfaat daun yang satu ini tak hanya untuk melancarkan ASI saja.

Daun katuk mengandung protein, vitamin A,B,C, kalsium, hingga zat besi yang baik untuk tubuh. Bahkan daun katuk mengandung antioksidan dalam jumlah besar sehingga bisa menangkal dan mencegah radikal bebas. Tentunya daun katuk juga ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun katuk mengandung banyak vitamin C yang sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan. Dengan rutin meminum jus daun katuk maka membuat sistem kekebalan tubuh terjaga.

Daun Pepaya

Selain rasa buahnya yang enak, daun pepaya juga punya banyak manfaat yang bisa dinikmati dalam bentuk jus. Daun pepaya sering disulap menjadi minuman detoks karena mengandung vitamin A hingga E, termasuk zat besi, dan kalsium.

Daun ini mengandung vitamin C yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu menurut Times of India, daun pepaya mengandung senyawa papain dan alkaloid yang bisa meningkatkan sistem imun.

Bagi yang punya masalah dengan sistem pencernaan juga bisa meminum jus dari daun pepaya ini. Jus pepaya sering digunakan untuk melancarkan pencernaan kemudian mencegah sembelit hingga membersihkan usus.(dc/int)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker