Lifestyle

5 Cara Sederhana agar Lebih Mudah Bangun Pagi

Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas hidup adalah dengan bangun pagi. Sebagian di antara kita memang ada yang terbiasa begadang hingga tak terbiasa bangun pagi. Bagi yang sudah rutin bangun pagi, pasti sudah bisa merasakan manfaatnya langsung bisa bangun lebih awal setiap harinya.

Bagi yang belum terbiasa bangun pagi dan ingin mencoba untuk lebih rutin bangun pagi demi rutinitas yang lebih sehat, ada sejumlah tips dan cara yang bisa dicoba. Kita bisa mencoba cara yang paling simpel dan praktis lebih dulu, seperti cara-cara berikut ini.

1. Pasang Dua Alarm dan Beri Label yang Jelas
Masih sering sulit bangun pagi meski sudah mendengar alarm berdering? Jika satu alarm tidak cukup ampuh untuk membuatmu segera bangun pada pagi hari, maka pasang dua alarm. Bila perlu, beri label juga pada alarm tersebut dengan kalimat semangat. Misalnya, “Bangun! Waktunya menaklukkan dunia!” Dengan begitu kita akan lebih termotivasi untuk membuka mata dan bangun saat alarm berbunyi.

2. Rencanakan Jadwal Olahraga Pagi
Perlu motivasi atau penggerak untuk bisa bangun pagi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjadwalkan olahraga pagi. Melansir laman careerdaily.com dalam artikel “7 Tips On How To Wake Up Feeling Fresh And Energetic In The Morning”, olahraga pada pagi hari akan membuat kita lebih terjaga. Menggerakkan tubuh dapat mengatasi rasa capek dan endorfin yang dikeluarkan dari aktivitas fisik dapat membuat suasana hati lebih baik. Begitu mata terbuka di pagi hari, cobalah lakukan sedikit peregangan otot atau olahraga ringan supaya tubuh bisa terasa lebih segar.

3. Putar Musik Favoritmu di Pagi Hari
Ketika kita mendengarkan musik, otak kita memproduksi hormon dopamin yang bisa menghadirkan perasaan bahagia. Tubuh pun akan terasa lebih berenergi atau bersemangat saat mendengarkan musik. Cobalah untuk putar musik saat bangun pagi dan ikuti iramanya untuk segera bergerak. Mendengarkan musik favorit pada pagi hari bisa membantumu mengalahkan rasa malasmu.

4. Tidur Malam dengan Perut Kosong
Maksudnya setidaknya dua jam sebelum tidur malam, hindari mengonsumsi makanan berat. Izinkan tubuh benar-benar istirahat pada malam hari tanpa dibebani dengan tugas untuk mencerna makanan. Dengan tidur yang berkualitas dan nyenyak, bangun pagi bisa terasa lebih mudah. Akan lebih mudah jika kita punya jadwal makan dan jadwal tidur yang teratur sehingga bisa mengondisikan tubuh dengan lebih mudah.

5. Dapatkan Sinar Matahari Pagi
Hadirnya cahaya atau situasi kamar yang terang akan membuat kita lebih mudah terjaga. Saat mendengar bunyi alarm, alih-alih langsung tidur lagi, ada baiknya untuk segera membuka tirai jendela. Biarkan sinar matahari pagi masuk ke dalam kamar. Atau kalau ingin bangun subuh, nyalakan lampu kamar begitu alarm menyala.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara-cara di atas? Semoga infonya bermanfaat, ya. (fim/int)

USI