Lifestyle

Banyak Makan Jamur Bisa Bantu Cegah Kanker Prostat

Jamur merupakan sayuran yang seringkali menjadi campuran dalam menu masakan yang memiliki vitamin esensial. Dilansir dari NDTV, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengonsumsi jamur dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Prostat adalah kelenjar yang bertanggung jawab untuk pembuatan cairan yang dan melindungi sperma. Studi menunjukkan bahwa makan jamur tiga kali seminggu membantu mengurangi risiko kanker prostat pada pria.

Studi yang berjudul Konsumsi jamur dan risiko insiden kanker prostat di Jepang tersebut dikumpulkan dari studi kohort Miyagi dan studi kohort Ohsaki diterbitkan dalam International Journal of Cancer.

Studi ini mengamati 36.499 pria berusia antara 40 dan 79 tahun. Para peserta adalah bagian dari studi kohort Miyagi dan Ohsaki dan mereka diikuti selama 13 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Tohoku.

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi jamur sekali atau dua kali seminggu membuat 8 persen risiko kanker prostat lebih rendah, sementara memakannya tiga kali membuat risikonya 17 persen lebih rendah terkena kanker.

Namun, penelitian ini masih harus dilakukan lebih lanjut karena efek menguntungkan pada jamur tersebut masih harus diteliti. Beberapa sifat biologis jamur untuk mencegah kanker prostat juga pernah dilaporkan dalam studi penelitian lainnya.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lain

Dalam laman BBC, disebutkan bahwa tidak semua jamur bisa dimakan. Beberapa yang bisa dimakan adalah jamur kancing, tiram, porcini dan chanterelles. Di sisi lain, ada banyak spesies jamur yang tidak dapat dimakan dan dapat menyebabkan sakit perut dan bisa berakibat fatal seperti jamur topi.

Semua jenis jamur yang dapat dimakan mengandung protein dan serat. Mereka juga mengandung vitamin B serta selenium yang mendukung sistem kekebalan tubuh serta mencegah kerusakan sel dan jaringan.

Varietas jamur tertentu telah terbukti memiliki potensi melindungi sel-sel kita dari kerusakan DNA dan menghambat pembentukan tumor.

Beberapa penelitian lain bahkan sudah membuktikan bahwa jamur bermanfaat dalam pengobatan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Jamur juga memiliki sifat terapeutik yang dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama pada orang dewasa yang kelebihan berat badan.

Manfaat ini juga membuat jamur dapat melindungi jantung dan menjaga tekanan darah dalam sirkulasi yang sehat. (jp)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close