Lifestyle

Cara Gula Darah Tetap Stabil, Simak Ini!!

BANYAK orang bertanya-tanya, apakah ada terapi yang bisa menyembuhkan diabetes?

Dokter jarang menyebutkan kata ‘sembuh’ pada penderita diabetes, karena memang penyakit tersebut tak bisa sembuh. Namun, diabetes bisa ‘sembuh’, dalam arti kadar gula gula darah stabil dan terkontrol.

Inilah yang merupakan tujuan pengobatan diabetes. Dengan demikian penderitanya bebas dari gejala, terhindar dari komplikasi yang berat, dan pada akhirnya dapat menjalani aktivitas sehari-hari tanpa gangguan penyakit ini.

Supaya gula darah stabil serta penyakit terkontrol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Mengatur pola makan
Langkah pertama dalam upaya mengontrol penyakit diabetes adalah mengatur pola makan. Anda perlu membatasi asupan karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana seperti nasi atau roti putih, dan menggantinya dengan karbohidrat kompleks yang tinggi serat seperti nasi merah, sayur, gandum, dan sebagainya.
Penderita diabetes juga harus menjaga asupan lemak. Lemak yang harus dikonsumsi adalah lemak tak jenuh yang berasal dari ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun.

2. Rutin berolahraga
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara rutin dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Penderita diabetes yang rutin berolahraga akan membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga mengurangi kejadian komplikasi. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga aerobik seperti berenang, jalan kaki, atau bersepeda, serta dilakukan sebanyak lima kali seminggu selama 30 menit tiap sesinya (total 150 menit per minggu).

3. Jaga berat badan
Penderita diabetes umumnya akan mengalami penurunan berat badan, sehingga badannya akan tampak menyusut. Namun, tidak sedikit juga penderita diabetes yang mengalami obesitas. Obesitas merupakan faktor risiko diabetes.
Pada penderita diabetes yang obesitas, berat badan harus diturunkan hingga mencapai bobot ideal. Caranya adalah dengan dua poin di atas, yaitu mengatur pola makan dan olahraga teratur.

4.Minum obat penurun gula darah
Apabila dengan tiga cara di atas gula darah belum terkontrol, atau kondisi diabetes sudah sampai menimbulkan gangguan organ, dokter akan menyarankan konsumsi obat penurun gula darah atau insulin.

Jenis, dosis, dan aturan pakai obat tersebut akan ditentukan berdasarkan kadar gula darah, adanya penyakit lain selain diabetes, serta fungsi organ tubuh yang lain. Selain itu, Anda pun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan gula darah rutin untuk mengetahui apakah gula darah sudah terkontrol atau belum.

Jadi, apakah diabetes bisa disembuhkan? Jawabannya tidak. Namun, diabetes dapat dikontrol. Dengan melakukan pola hidup sehat dan pengobatan yang tepat, penderita penyakit gula dapat merasakan hidup yang bebas dari gejala, serta terhindar dari komplikasi, dan penderita diabetes bisa menjalani aktivitas tanpa gangguan. (RN/RVS/klikdokter/jpnn)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads