Lifestyle

Rizki Meriam Daulay Hindari Es dan Gorengan

FaseBerita.ID – Teknik vokal tak hanya harus dikuasai seorang penyanyi. Bagi seorang Master of Ceremony (MC), apalagi untuk acara resmi, harus benar-benar paham teknik suara.

“Intonasi suara, artikulasi, hingga mimik wajah harus diatur sedemikian rupa,” terang Rizki M Daulay.

Kiki, begitu sapaan akrabnya, merupakan staf Protokol I Subbag Protokoler Bagian Humas dan Protokoler Pemko Pematangsiantar. Tugasnya, menyusun tertib acara yang diselenggarakan di Pemko Pematangsiantar. Mulai petugas, pengisi acara, dan lainnya.

Kiki sendiri, biasanya bertugas sebagai MC. Termasuk nanti saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar, Sabtu (17/8/2019).

Ibu tiga anak ini mengaku, dunia MC bukan hal baru baginya. Sejak sekolah, ia kerap didaulat menjadi MC saat upacara bendera.

“Mungkin guru sudah melihat ada bibit-bibit jadi MC dalam diri Kiki,” tukas alumni STIE Sultan Agung Pematangsiantar ini.

Kalau untuk pendidikan, lanjutnya, justru ia tidak pernah belajar menjadi MC.

“Kiki kuliah jurusan akutansi. Semua yang Kiky kerjakan ini Learning by Doing,” sebut perempuan berhijab ini.

Kiki merintis karirnya di Pemko Pematangsiantar dari menjadi operator telepon di tahun 2005. Saat itu statusnya Tenaga Harian Lepas (THL). Tiga tahun kemudian, atau tahun 2008 dia beralih ke protokoler. Selanjutnya, di tahun 2010 ia diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kali pertama menjadi MC di acara Pemko Pematangsiantar saat apel gabungan pegawai di era Walikota Robert Edison Siahaan. Saat itu, kata Kiki, suaranya seperti orang menangis.

“Suara Kiki bergetar. Di kesempatan kedua, tangan yang gemetar. Lama-lama sudah relaks. Kalau tiba-tiba diminta jadi MC, sudah siap sedia,” terang Kiki yang ditemui saat menunggu jadwal rapat persiapan upacara Hari Kemerdekaan RI, Selasa (13/8/2019).

Sulung dari tiga bersaudara ini mengaku menjadikan pekerjaan sebagai hobi. Dengan demikian, pekerjaan tidak menjadi beban.

“Apalagi hobi Kiki itu ngoceh, juga jalan-jalan. Jadi cocok kali lah,” sebut wanita yang juga hobi mencoba menu masakan baru itu.

Lantas apa kiat menjaga kualitas suara?

“Pantang minum es dan makan gorengan. Kebetulan Kiki memang nggak suka gorengan. Terus, istirahat cukup, dan konsumsi vitamin sebelum tidur agar tubuh tetap fit,” jelasnya berbagi rahasia.

Sebagai seorang istri dan ibu tiga anak yang masih kecil-kecil, Kiki senantiasa berusaha menyeimbangkan dengan pekerjaannya.

“Biasalah mamak-mamak. Tidur paling akhir, bangun paling awal. Siapkan sarapan dan bekal untuk anak ke sekolah, beres-beres, baru ke kantor,” sebut Kiki yang mengaku tidak memekerjakan Asisten Rumah Tangga (ART) ini.

Jika ada waktu luang, Kiki pun menyempatkan diri datang ke sekolah anak-anaknya. Memantau kegiatan anak-anaknya di sekolah dan bertemu guru.

“Ya, komunikasi dengan guru bagaimana anak-anak di sekolah. Apa minat dan bakatnya, juga kendala yang mereka hadapi di sekolah,” tukas Kiki yang juga mengaku suaminya selalu bisa diajak kerja sama untuk mengawasi anak-anak saat ia sibuk bekerja. (awa)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker