Kuliner

Sama-sama Pakai Saus Kacang, Ini Perbedaan Gado-gado dan Pecel

FaseBerita.ID – Banyak orang mengatakan jika makanan seperti gado-gado, pecel, lotek, karedok dan tipat adalah salad khas Indonesia. Makanan-makanan ini memiliki cita rasa yang khas di mana ada rasa segar, gurih dan manis di setiap gigitannya. Semuanya juga disajikan bersama saus kacang agar rasanya makin menggugah selera.

Meski kelihatannya hampir sama antara satu dengan yang lain, makanan ini berbeda lho. Simak baik-baik perbedaannya ini.

1. Gado-gado

Kuliner Gado-gado

Makanan pertama ada gado-gado. Gado-gado adalah makanan yang terbuat dari sayur segar dan sayur rebus. Gado-gado terdiri dari sayur tauge, kentang direbus, selada, telur, kubis rebus, irisan wortel, kacang panjang direbus dan telur rebus. Saus kacangnya ditambahkan santan, daun salam, cuka dan kecap sesuai selera sehingga mendapatkan rasa yang lebih pekat. Umumnya, gado-gado disajikan bersama kerupuk emping atau kerupuk udang.

2. Pecel

Kuliner Pecel

Di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat pecel menjadi makanan yang sudah tak asing lagi. Di beberapa daerah di Indonesia juga sudah mengenal baik pecel. Kota di Jawa yang terkenal dengan pecelnya adalah Madiun dan Blitar. Pecel merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran yang direbus kemudian disiram dengan saus atau sambal kacang tanah. Umumnya, pecel disajikan bersama nasi putih, lontong, tempe goreng, rempeyek dan lauk lainnya.

3. Lotek

Kuliner Lotek

Lotek merupakan khas Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam, kangkung, tauge dan kol. Ada juga yang menyertakan nangka muda rebus di dalamnya. Lotek juga disajikan bersama bumbu saus kacang. Bedanya dari makanan sejenis lainnya, lotek memiliki aroma rempat kencur yang cukup menyengat di dalamnya.

4. Karedok

Karedok

Karedok adalah makanan khas Sunda. Karedok juga merupakan sajikan sayuran rebus yang disiram dengan saus kacang. Dalam karedok ada tambahan sayur mentah cincang kasar seperti daun kemangi, beluntas, mengkokan dan mentimun.

5. Tipat

Tipat

Melansir dari laman wikipedia.com, tipat merupakan makanan khas Bali. Tipat terbuat dari sayuran rebus dan potongan ketupat yang juga disiram dengan bumbu kacang. Dalam bahasa Bali, tipat memiliki makna ketupat. Tipat biasanya disajikan dengan kacang tanah goreng yang renyah dan gurih.

Itulah beberapa makanan dengan saus kacang yang nyaris sama satu dengan lainnya namun ternyata berbeda Sahabat Fimela. Well, jangan salah lagi dalam membeda-bedakan makanan di atas ya. Semoga informasi ini bermanfaat. (ann/fim/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button