Kuliner

Nasi Kentut, Wanginya Menggoda

FaseBerita.ID – Selain wisata, Indonesia juga diperkaya dengan kuliner khas. Nama, penyajian, hingga rasanya yang unik menjadi daya tarik bagi turis untuk datang dan mencoba. Sebut saja nasi goreng yang sangat terkenal di luar negeri.

Belum lagi yang ekstrim seperti kuliner sate ulat dan belalang goreng. Namun, ada satu lagi yang bikin penasaran, yaitu Nasi Kentut. Wah, apa itu?

Kalau ke Medan, rasanya rugi jika tak mencicipi sendiri bagaimana rasanya Nasi Kentut. Kenapa ya diberi nama yang jorok? Ternyata alasannya ada pada cara memasak yaitu dengan menggunakan daun sembukan yang lebih dikenal sebagai tanaman kentut di daerah Sumatera.

Nasi Kentut

Daun tersebut digunakan sebagai campuran nasi, kemudian dibungkus dengan daun pisang saat dibakar. Aromanya pun sangat khas dan menggoda.

Ada banyak manfaat yang terkandung dalam daun sembukan. Di antaranya cukup bagus untuk sariawan dan juga penyakit lambung. Ada juga rempah lain, seperti kunyit yang dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang membedakan Nasi Kentut dengan kuliner lain adalah lauk yang ada di dalamnya. Ada beragam pilihan, seperti ikan pepes, ayam goreng, bahkan ikan teri. Mirip dengan dengan Nasi Kucing yang biasa kamu temukan di Angkringan Jogja, ya?

Tak hanya lauk sebagai isian yang membuat hidangan ini menjadi lebih enak. Agar cita rasanya semakin sempurna, biasanya disajikan dengan berbagai sambal sebagai teman santap. Di antaranya ada sambal hijau yang sudah identik dengan Sumatera, juga ada sambal terasi yang aromanya sangat menggoda. (ann/tr/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button