Kuliner

Lomba Masak Makanan Tradisional Meriahkan Karnaval Pesona Danau Toba

TOBASA, FaseBerita.ID – Dalam rangka memeriahkan Karnaval Pesona Danau Toba tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menggelar perlombaan memasak makanan tradisional yang diselenggarakan di komplek Tugu DI Panjaitan, di Balige, Jumat (13/9/2019).

Sebagaimana diketahui di lapangan, sebanyak 20 tim yang ikut dalam Festival Kuliner Toba itu. Bahan baku yang digunakan 3 jenis, yakni Ikan Jahir atau Ikan Mas, Ayam, dan daging Babi. Sedang jenis masakan dari 3 bahan baku itu berbeda- beda, seperti Naniura, Natinombur, Napinadar, Arsik, Panggang, dan Sangsang.

Tim penilai dalam kegiatan itu dihadirkan dari Indonesia Chev Asociation Sumut.

“Yang menjadi objek penilaian diantaranya terkait penampilan, rasa, kebersihan dan kerapian, ketepatan waktu, kerjasama tim, ketersediaan bahan dalam resep, selanjutnya presentase,” ungkap Hasan Basri Sinaga dari Indonesia Chev Asociation selaku tim juri kegiatan itu.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tobasa Ir Hulman Sitorus saat membuka kegiatan itu mengungkapkan, bahwa dengan ditetapkannya Danau Toba sebagai Destinasi super prioritas, maka banyak hal yang perlu disiapkan daerah sekawasan Danau Toba termasuk Tobasa. Selain objek wisata juga perlu pembenahan kuliner yang menjadi salah satu bagian penting sebagai daya tarik wisatawan.

Menurutnya, moment Festival Kuliner itu perlu ditekuni para peserta, sehingga kuliner tradisional Toba tetap terjaga.

“Kita harus siap dan mampu bersaing dengan daerah lain. Termasuk mengenai kuliner, kebersihan, ramah tamah. Jika kunjungan wisata terus bertambah, maka pertumbuhan ekonomi kita pasti meningkat,” ungkapnya. (ft/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button