Kuliner

Kedai Kopi Vona: Diskusi, Ngopi, Kerja dan Nonton

FaseBerita.ID – Dari pencinta kopi, mahasiswa, maupun pekerja semua pasti senang nongkrong di tempat ngopi yang terjangkau namun berkualitas. Selain itu, atmosfer di tempat ngopi hingga pelayanan yang maksimal juga merupakan hal yang penting untuk pelanggan kedai kopi.

Nah, semua itu bisa ditemukan di tempat ngopi di Kota Siantar bernama Kedai Kopi Vona beralamat di pertigaan Jalan Kartini – Jalan Adam Malik.

Bukan menikmati kopi saja, Anda juga bisa bersantai dan menonton siaran langsung olahraga dengan tiga pilihan siaran sekaligus.

Kebersihan dan keramahtamahan adalah hal yang paling dijaga di Kedai Kopi Vona. Demikian kesan yang langsung dirasakan saat masuk dan memesan minum di Kedai Kopi Vona.

Lokasinya sangat strategis, berada di pertigaan Jalan Kartini- Jalan H Adam Malik. Punya banyak hal menarik untuk dikunjungi. Konsep mini food court dan fasilitas yang disiapkan di kedai kopi ini membuat pengunjung akan betah berlama-lama dan pastinya ingin kembali berkunjung ke kedai kopi berlantai dua ini.

Kamis (7/11/2019) lalu, sejumlah meja di lantai satu terlihat terisi penuh. Pengunjung tiap meja terlihat asyik dengan obrolan dan sesekali terlihat tawa lepas dari mereka.

Deretan etalase aneka kuliner tersusun rapi di depan. Senyum ramah pelayan menyambut pengunjung. Di lantai I kapasitas pengunjung sekitar 80 orang. Pekerja dan pebisnis serta mahasiswa mendominasi pengunjung.

Sembari menikmati makanan dan minuman, sebagian pengunjung terlihat asyik menyaksikan siaran langsung pertandingan sepakbola di layar berukuran lebar yang dipantulkan projector.

Beranjak ke lantai dua, sejumlah pengunjung terlihat ada yang bekerja menggunakan laptop, ada yang asyik ngobrol dan sebagian terlihat serius dengan masing-masing gadget-nya.

“Kedai kopi ini baru saya kelola sejak 18 Oktober 2019. Namun, kita sudah merancangnya sejak lama,” kata Agus Barus pemilik Kedai Kopi Vona saat berbincang di lantai II kedai Kopi Vona yang menghadap ke Jalan Kartini dan Jalan H Adam Malik itu.

Dia katakan, konsep awalnya mau menikmati kopi sambil nonton bareng siaran langsung olahraga, mulai dari sepakbola, balap, bulutangkis dan lainnya. “Ya, akhirnya berkembang sendiri sesuai keinginan pengunjung,” kata Agus lagi.

Pria yang juga aktif di sepakbola ini, baru sekarang ia bisa fokus untuk mengelola dan mewujudkan konsepnya atas kedai kopi tersebut.

“Kalau rancangan dan rencananya sudah lama sekali, hanya saja baru sekaranglah bisa fokus. Tempat ini pun sudah kami panjari sejak tahun 2012 lalu,” sebutnya.

Kata dia, kalau di tempat tersebut ia hanya menyediakan minuman dan kudapan (makanan ringan). Untuk urusan makanan ada sekitar 10 unit usaha kuliner yang ikut ambil bagian di kedai kopi yang mengusung konsep mini foodcourt tersebut.

“Kita siapkan minuman aja, kalau makanan kita menggandeng pedagang yang makanan yang memang sudah pengalaman di bidang kuliner,” ujar Agus.

Selain ingin berbagi rezeki dengan pedagang makanan, ia pun mempertimbangkan akan lebih baik menggandeng yang sudah punya pengalaman di bidang makanan.

Meski menggandeng pedagang untuk urusan makanan, ia tetap selektif akan rasa. Jangan sampai makanan yang dijual mengecewakan pelanggan. Akan ada evaluasi dilakukan.

“Tidak boleh mengecewakan pengunjung. Baik dari segi rasa, harga, kebersihan dan pelayanan,” katanya Agus.

Saat ini ada sekitar sepuluh pedagang kuliner yang bergabung di sana, mulai dari pedagang nasi campur, martabak hingga bubur. Ke depannya kata Agus, pedagang sate pun akan mengisi etalase makanan di kedai kopi tersebut.

Dalam memberikan kepuasan pelanggan, Agus menghadirkan barista dari Jakarta. Aneka biji kopi lokal, Simalungun, Karo, Dairi dan lainnya siap memanjakan lidah pengunjung.

Biji-biji kopi tersebut disajikan dengan dua pilihan cara pengolahan, dengan digiling mesin dan yang manual.

Agus menyampaikan sebagai penggemar olahraga, ia menyadari betul kebutuhan hiburan bagi sesama pecinta olahraga. Ia pun menyiapkan dua televisi dan satu layar lebar untuk menampilkan siaran langsung olahraga.

Kata Agus, sering pada saat bersamaan ada acara siaran langsung olahraga sepakbola dari dua liga misalnya dari dua chanel berbeda. Belum lagi siaran bola yang bersamaan dengan balap Moto GP. Ia pun menyiasatinya dengan membuat tiga cahanel siaran tersebut dapat disaksikan di satu ruangan.

Sementara di lantai 2 Kedai Kopi Vonna, telah disiapkan bangku dan meja berkapasitas sekitar 120 lebih pengunjung. Deretan bangku dan meja kayu dengan kaki terbuat dari velg bekas pun menambah keunikan di lantai 2.

Konsep itu dipilih untuk memanfaatkan limbah (barang bekas) dan menampilkan kesan art ala industrial. Di lantai dua ini cocok untuk tempat kongko komunitas, dengan ruang terbuka menghadap jalan raya.

Selain itu, Kedai Kopi Vona juga tentunya dilengkapi fasilitas wifi.

Untuk urusan harga, pengelola membanderol harga standard dan terjangkau.

Kedai Kopi Vona beralamat di Jalan Kartini, Kecamatan Siantar Barat ini dibuka setiap hari, mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB.

Pastinya, bagi kamu-kamu yang suka nongkrong, penikmat kopi sekaligus penggemar olahraga, ayo segera berkunjung dan nikmati langsung suasana Kedai Kopi Vona. (leo)

Menu Kedai Kopi Vona

No MENU
1 KOPI HITAM
2 KOPI SUSU
3 KOPI CINCAU/JELLY
4 KOPI LUWAK
No MENU
1 CHOCOLATE
2 RED VELVET
3 GREEN TEA MATCHA LATTE
4 TARO LATTE
5 WEDANG JAHE
6 MILO
7 PRIMA
8 THE BOTOL SOSRO
9 CAPPUCINO
10 CAPPUCINO CHOCOLATE
11 CAPPUCINO CINCAU
No MENU
1 TERONG BELANDA
2 MARKISA
3 MARTABE
4 JERUK
5 BELIMBING
6 MANGGA
7 JAMBU
8 WORTEL
9 WORTEL JERUK
10 ALPUKAT
11 NANAS
12 RAINBOW JUICE
13 SAWI NANAS
14 KELAPA JERUK
15 KELAPA IJO GULA MERAH
No MENU
1 BLUE LAGOON
2 RED SUNRISE MOJITO
3 SUMMER SUNRISE
4 SIMPLE VIRGIN MOJITO
5 HAPPY HONEY MOJITO
6 CUCUMBER LYCHEE MOJITO
7 HAPPY SODA
No MENU
1 TEH TONG
2 TEH MANIS
3 TEH SUSU
4 TST
5 TST VONA
6 TEH TARIK
7 LEMON TEA
8 THAI TEA
9 MINT TEA
No MENU
1 NUGGET GORENG
2 CHICKEN WING
3 KENTANG GORENG
4 SOSIS KENTANG
5 ROTI BAKAR
No MENU
1 ESPRESSO
2 EPRESSO DOUBLE
3 AMERICANO
4 CAPPUCINO
5 CAFÉ LATTE
6 CAFÉ MOCHA
7 BRULE COFEE
8 VANILLA LATTE
9 A VOCADOLATTE
10 VIETNAMESE LOD COFEE
11 KOPI TUBRUK
12 V60
13 VIETNAM DRIP
14 AEROPRESS
15 SYPON
16 FRENCH PRESS


Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close