Kolom

Tak Peduli Bahaya dari Jembatan Maut: Babinsa Gendong Pelajar Menyeberang Sungai

FaseBerita.ID – Tak Peduli dengan risiko bahaya terjatuh dari jembatan yang sudah rusak, Serda Berton Situmeang justru berjibaku menyeberangkan anak-anak sekolah. Beberapa kali ia juga terlihat menggendong anak sekolah tersebut agar dapat menyeberangi jembatan di Dusun Bulu Hukum dan Aek Badan Desa Satahi Nauli, Kecamatan Kolang, Tapanuli Tengah (Tapteng).

Selain sebagai satu-satunya jalan penghubung bagi anak sekolah, warga lain di daerah ini, kerap harus bertaruh nyawa demi menjalankan aktivitas sehari-hari dengan menyeberangi jembatan yang sudah rusak tersebut.

Ya, jembatan yang menghubungkan Dusun Bulu Hukum dan Dusun Aek Badan itu sudah termakan usia. Lantai jembatan habis total, sehingga tinggal besi jembatan yang dijadikan tempat lintasan.

Melihat kondisi jembatan yang sangat membahayakan, terutama saat anak sekolah menyeberangi jembatan tersebut, Babinsa Koramil 05/Kolang Kodim 0211/TT itu pun turun tangan membantu menyeberangkan murid SD dengan memegang tangan maupun menggendong anak-anak tersebut. Tujuannya hanya satu, agar para generasi penerus bangsa ini dapat menimbal ilmu di sekolahnya.

Menurut Serda Berton Situmeang, Rabu (8/1/), jembatan itu merupakan satu-satunya akses masyarakat untuk beraktivitas, baik anak sekolah ataupun warga yang melakukan aktivitas sehari-hari. “Dan kondisi jembatan ini sudah hampir dua tahun tidak ada perbaikan,” terang dia.

Sementara Komandan Kodim 0211/Tapanuli Tengah Letkol Inf Dadang Alex SSos melalui Danramil 05/Kolang Kapten Inf Legiman kepada media ini juga menyampaikan bahwa apa yang dilaksanakan Babinsa-nya tersebut merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat.“Jadi kami akan terus berupaya membantu warga yang membutuhkan pertolongan, sesuai dengan doktrin salah satu poin yang ada di delapan wajib TNI, yaitu menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” ujar Kapten Inf Legiman.

Menurut dia, tugas yang diemban untuk selalu membantu warga adalah wujud dari manunggalnya TNI dengan rakyat. Dimana jika rakyat kesulitan, TNI akan selalu hadir buat rakyat.

“Dandim juga sudah memerintahkan kepada seluruh Danramil di jajaran Kodim 0211/TT untuk selalu dekat dan membantu warga. Melalui Danramil 05/Kolang juga diperintahkan agar tetap dekat dan membantu rakyat, terutama di wilayah masing-masing,” tegasnya.

Kedepan, katanya, Dandim 0211/TT telah memerintahkan kepada Danramil 05/Kolang untuk melaksanakan gotong royong bersama masyarakat dalam wujud karya bakti guna memperbaiki jembatan yang rusak tersebut. (mis)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker